Bugar

Waspadai, Ini 5 Gejala Kanker Ovarium yang Menyerang Perempuan

Waspadai, Ini 5 Gejala Kanker Ovarium yang Menyerang Perempuan

MOMSMONEY.ID - Kanker ovarium adalah pembentukan sel abnormal di jaringan ovarium atau indung telur dan menjadi salah satu kanker yang mematikan untuk perempuan. 

Gejala yang umumnya tidak disadari meliputi perut kembung, cepat kenyang, sakit perut, sembelit dan perubahan siklus menstruasi.

Gejala awalnya sering dikaitkan dengan penyakit sindrom iritasi usus dan infeksi saluran kemih padahal ini menjadi tanda awal adanya kanker ovarium.

Agar Anda lebih waspada, dilansir dari Cancer Care berikut ini beberapa ciri dan tanda kanker ovarium yang mesti diperhatikan, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini 5 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

Sakit perut atau panggul

Sebanyak 39 persen wanita dengan kanker ovarium mengeluhkan gejala sakit perut. Intensitas gejalanya bisa bervariasi dari pengidap satu dan lainnya.

Rasanya seolah-olah seperti kram menstruasi atau diperas dari dalam. Saat sel kanker tumbuh semakin membesar, bagian perut yang lain akan terasa seperti tertekan.

Beberapa bagian perut yang terdampak termasuk kandung kemih, rektum, usus dan tulang belakang.

Sakit punggung

Jika terasa sakit punggung, pengidap bisa mengatasinya dengan langkah sederhana seperti peregangan otot, ubah posisi tubuh, kompres dengan air hangat dan minum obat pereda nyeri.

Jika tak kunjung membaik, sakit punggung bisa jadi indikasi kanker ovarium akibat perubahan sel yang membesar. Sel ini bisa menekan jaringan yang berdampak pada nyeri di area punggung.

Perubahan siklus menstruasi

Gejala kanker ovarium ditandai dengan menstruasi yang tidak lancar, keluarnya volume darah lebih banyak dari biasanya, bercak atau perdarahan di luar siklus dan keputihan dengan bau serta tekstur yang tak biasa.

Baca Juga: Bisakah Kanker Payudara Menyerang Anak? Ini Penjelasannya

Perubahan nafsu makan

Rasa kenyang muncul meskipun hanya makan dalam porsi sedikit. Kondisi ini yang menyebabkan perubahan nafsu makan, bahkan kehilangan selera makan. Dampaknya, tubuh pengidap terlihat kurus akibat kekurangan nutrisi.

Sakit saat berhubungan seksual

Indikasi kanker ovarium bisa terlihat dari kekeringan vagina, endometriosis vaginismus (otot di sekitar vagina mengencang dengan sendirinya saat penetrasi) dan peradangan.

Jika kondisi ini terjadi, disarankan segera membuat janji medis untuk melakukan pemeriksaan. Gejala yang dibiarkan akan semakin parah sehingga proses pengobatan jadi sulit dilakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News