Bugar

Waspadai, Ini 5 Dampak Terlalu Sering Mengonsumsi Gula Batu

Waspadai, Ini 5 Dampak Terlalu Sering Mengonsumsi Gula Batu

MOMSMONEY.ID - Gula batu adalah salah satu manisan yang kerap dicampur ke dalam minuman. Namun, ada berbagai dampak buruk saat terlalu sering mengonsumsi gula batu.

Gula batu bisa dibuat dengan berbagai jenis gula, termasuk gula pasir putih, tebu, dan gula merah. Ada juga beberapa manfaat gula batu dan efeknya yang mungkin belum Anda ketahui.

Meskipun terdapat manfaat gula batu untuk kesehatan, tapi Anda perlu ingat bahwa manfaat kesehatannya terbatas.

Baca Juga: Ini Penyebab Timbulnya Jakun pada Wanita yang Perlu Anda Ketahui

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa dampak yang akan terjadi jika sering mengonsumsi gula batu, antara lain: 

Obesitas

Ada banyak bukti jika seseorang yang rutin mengonsumsi gula berlebih, berat badan dapat bertambah dan mengalami obesitas.

Seseorang yang alami obesitas dan tidak aktif secara fisik, dirinya memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masih banyak lagi. 

Resistensi hormon insulin

Gula yang masuk ke tubuh membuat tubuh berusaha lebih banyak memproduksi insulin. Jika terus terjadi, sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun, sehingga glukosa menumpuk di dalam darah.

Seseorang yang alami resistensi hormon insulin dapat mengalami gejala, berupa kelelahan, kabut otak, hingga tekanan darah tinggi.

Penumpukan glukosa di dalam tubuh juga dapat membuat seseorang berisiko tinggi terhadap diabetes tipe 2 dan gangguan berbahaya lainnya.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga Secara Alami

Masalah kesehatan mulut

Gula mengandung bakteri merugikan, mampu membentuk plak saat menempel di gigi. Adanya plak ini memungkinkan bakteri untuk tinggal di gigi dalam waktu yang alam.

Bakteri ini mampu menghasilkan asam yang mengikis email gigi, sehingga gigi dapat berlubang.

Penyakit kardiovaskular

Beberapa sumber menyebutkan, terdapat hubungan antara konsumsi gula terlalu banyak dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Seseorang yang mengonsumsi 17%-21% asupan kalorinya berasal gula tambahan, risikonya lebih tinggi 38% untuk alami kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Itulah pembahasan mengenai berbagai dampak buruk yang dapat terjadi saat terlalu sering mengonsumsi gula batu. Maka dari itu, pastikan untuk membatasi konsumsi per harinya atau bahkan menghindarinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News