Bugar

Waspadai, Ini 4 Penyakit yang Ditandai dengan Rasa Sakit Perut Bagian Bawah

Waspadai, Ini 4 Penyakit yang Ditandai dengan Rasa Sakit Perut Bagian Bawah

MOMSMONEY.ID - Sakit perut sering diartikan sebagai rasa kram atau nyeri yang bersifat tumpul di area perut. Sakit perut menjadi keluhan yang sering dirasakan oleh sebagian besar orang.

Seseorang yang sehat dan tiba-tiba merasakan sakit perut hebat, dapat disebabkan oleh adanya sumbatan, perforasi, atau puntiran pada organ dalam perut.

Nyeri yang bertahap makin hebat biasanya disebabkan oleh proses radang, misalnya pada kolesistitis (radang saluran empedu) atau pankreatitis (radang pada pankreas) yang bersifat akut.

Baca Juga: Meskipun Pahit, Ini 5 Manfaat Daun Pepaya yang Luar Biasa

Dilansir dari National Institutes of Health dan Medicine, beberapa penyakit serius yang ditandai dengan sakit perut bagian bawah, antara lain:

Gangguan pencernaan

Penyebab sakit perut bagian bawah juga bisa dipicu oleh gangguan pencernaan. Pada taraf yang ringan, kondisi ini masih tergolong wajar dan akan pulih dengan sendirinya.

Namun, andaikan sakit perut bagian bawah yang terjadi disertai dengan berbagai gejala lain seperti muntah-muntah, diare, dan mudah lelah, sebaiknya jangan dianggap enteng. 

Radang prostat

Radang prostat juga bisa menjadi penyebab perut bagian bawah sakit. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar prostat mengalami infeksi.

Gejala yang umum dialami ketika terserang penyakit ini selain sakit pada bagian bawah perut adalah sakit ketika buang air kecil dan nyeri di sekitar testis.

Baca Juga: Suka Anyang-anyangan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Usus buntu

Nyeri pada perut merupakan gejala utama dari penyakit usus buntu. Seseorang yang mengidap usus buntu merasakan nyeri pada bagian pusar dan bergerak ke bagian kanan bawah perut.

Akan tetapi, posisi nyeri ini bisa berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Semuanya bergantung pada posisi dari usus buntu dan usia pengidapnya.

Batu saluran kemih

Batu saluran kemih merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urine. Batu saluran kemih dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur.

Kebanyakan dari batu saluran kemih yang terbentuk keluar bersama dengan urine. Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan.

Selain kondisi-kondisi di atas, ada pula beberapa penyebab perut bagian bawah terasa sakit. Contohnya, divertikulitis, endometriosis, masalah pada leher rahim, infeksi tuba falopi, hingga kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News