Bugar

Waspadai Cacar Monyet! Kenali Gejala Umumnya Berikut Ini!

Waspadai Cacar Monyet! Kenali Gejala Umumnya Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Cacar monyet masih menjadi penyakit yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, penting untuk mengenali apa saja tanda dan gejala cacar monyet.

Baru-baru ini, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan, muncul gejala cacar monyet yang berbeda dari kasus-kasus sebelumnya. 

Cacar monyet adalah penyakit yang muncul karena infeksi virus yang ditularkan dari hewan ke manusia. Hewan pembawa virus ini seperti primata, seperti tikus, monyet, atau tupai.

Setelah menginfeksi manusia, virus kemudian bisa menular dari manusi ke manusia lain. Virus monkeypox ini masuk dalam kelompok Orthopoxvirus.

Baca Juga: Cara Penularan, Gejala, dan Pencegahan Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui

Namun, baru-baru ini ternyata ditemukan gejala baru dari penyakit cacar monyet. Pada sebagian kasus baru, ruam ditemukan pertama kali muncul pada area genital atau anus.

Penyebarannya juga tidak terjadi pada wajah, tangan, atau kaki, melainkan ke bagian tubuh lainnya. Bahkan, gejala lain seperti demam dan sakit kepala juga tidak muncul sebelum ruam. 

Padahal, gejala demam, sakit kepala, hingga pembengkakan kelenjar biasanya dialami terlebih dahulu sebelum muncul ruam di kulit. 

Menurut laporan terbaru, ada beberapa gejala cacar monyet yang berbeda dari sebelumnya, antara lain: 

1. Ruam pertama muncul di anus

2. Nyeri atau sakit di arean dalam anus dan rektum

3. Perdarahan yang terjadi pada dubur

4. Peradangan pada lapisan rektum

5. Lesi cacar yang berbeda, yaitu lesi berisi cairan atau nanah yang bisa membengkak dengan cepat

Baca Juga: Menyebar ke Banyak Negara, Ini Penjelasan Kemenkes Soal Cacar Monyet

Waspadai gejala-gejala tersebut dan segera lakukan pemeriksaan jika mengalaminya. Terutama jika gejala yang muncul memburuk dan memicu gejala penyakit lainnya. 

Pencegahan cacar monyet adalah langkah terpenting untuk menghindari penyebaran penyakit ini.

Jika sudah terkena cacar monyet, pasien perlu dirawat oleh dokter di rumah sakit, agar kondisinya dapat dipantau. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah penularan cacar monyet ke orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News