Bugar

Waspadai 5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Anda Mengalami BAB Berdarah

Waspadai 5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Anda Mengalami BAB Berdarah

MOMSMONEY.ID - Waspadai lima hal ini ternyata bisa menjadi penyebab Anda mengalami BAB berdarah. Munculnya darah saat BAB tentu dapat membuat Anda khawatir.

Sebab, adanya darah pada feses saat BAB bukan kondisi yang normal dan bisa menyebabkan timbulnya penyakit tertentu. Ketahui berbagai penyebab BAB berdarah agar Anda bisa lebih waspada.

Dilansir dari Stanford Health Care, berikut ini juga terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab buang air besar berdarah, yaitu:

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Sakit Perut Melilit agar Bisa Mengatasinya dengan Tepat

Fisura ani

Menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons, fisura ani merupakan kondisi kulit anus yang robek dan sebabkan munculnya feses yang bercampur darah.

Hal ini bisa menyakitkan karena kulit tersebut sangat sensitif. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena perdarahan ini akan cepat berhenti dan sembuh sendiri dalam beberapa pekan.

Polip pada usus besar

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease mengungkapkan sebaiknya jangan sepelekan BAB berdarah karena bisa disebabkan adanya polip pada bagian usus besar.

Ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan terkait polip pada usus besar, seperti munculnya darah setiap BAB, feses yang berwarna hitam karena bercampur dengan darah, dan muncul bercak darah pada feses.

Polip usus besar yang sebabkan perdarahan meningkatkan risiko anemia dan kekurangan zat besi pada pengidapnya.

Wasir

Penyakit ini disebut juga hemoroid atau ambeien, yakni pembesaran pembuluh darah vena yang menjadi rapuh pada daerah anus sehingga mudah berdarah saat buang air besar.

Proses pembuangan ini dapat disertai rasa sakit dan biasanya darah bisa sampai menetes setelah feses keluar.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Penjelasan Feses Bayi Berwarna Merah

Divertikulitis

Divertikulitis merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada divertikula (kantong kecil pada dinding usus).

Gejala yang dialami antara lain nyeri atau kram pada sisi perut kiri yang hilang dan timbul. Selain itu, dapat ditemui juga adanya darah berwarna merah segar pada feses.

Divertikulitis dapat menyebabkan sumbatan pada usus. Hal ini menyebabkan seseorang mengalami susah BAB, diare, rasa penuh dan begah pada perut, nyeri perut, mual dan muntah. 

Perdarahan saluran cerna bagian atas

Penyebab perdarahan saluran cerna bagian atas adalah tukak lambung akibat sakit maag kronis. Pendarahan bisa juga disebabkan oleh esofagitis atau peradangan pada kerongkongan.

Beberapa kondisi di atas bisa menjadi penyebab BAB berdarah. Ingat, adanya darah pada BAB bukanlah suatu kondisi yang normal dan perlu dicari penyebabnya.

Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan anemia atau infeksi saluran cerna. Itulah lima hal yang bisa menjadi penyebab BAB berdarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News