Bugar

Waspada! Sering Menyimpan Ponsel di Saku Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

Waspada! Sering Menyimpan Ponsel di Saku Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

MOMSMONEY.ID - Tingkat kesuburan adalah hal yang penting diperhatikan oleh setiap pasangan yang ingin memiliki anak. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh tingkat kesuburan pria.

Namun, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat kesuburan pria mengalami penurunan. Sebagian kasus gangguan kesuburan datang dari kebiasaan buruk yang sebenarnya dapat dihindari.

Untuk itu, ketahuilah beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kesuburan. Dilansir dari Health Focus, inilah beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan kesuburan pria, antara lain: 

Baca Juga: Mr. P Mengalami Perubahan Warna? Kenali Tanda Masalah Kesehatan dari warna Mr. P

Menyimpan ponsel di saku

Pria yang gemar menyimpan ponsel di saku ternyata dapat memengaruhi tingkat kesuburan yang dimilikinya secara signifikan.

Hal ini disebabkan paparan radiasi pada ponsel yang mampu menghambat pergerakan sperma. Selain itu, suhu panas dari ponsel juga dapat meningkatkan suhu di area selangkangan yang mengganggu produksi sperma.

Begadang

Idealnya, orang dewasa tidur sebanyak 6–8 jam di malam hari. Kurangnya jumlah tidur di malam hari terbukti mengganggu kesuburan pria dan wanita.

Pria yang hanya tidur empat jam di malam hari terbukti memiliki testosteron 50% lebih rendah dibandingkan laki-laki yang tidur cukup. Turunnya kadar testosteron menyebabkan gairah seks menurun dan kualitas sperma terganggu.

Terlalu banyak minum kopi

Minum kopi dapat membuat tubuh terasa lebih bugar. Namun, bila dikonsumsi terlalu banyak, kopi ternyata dapat memengaruhi kesuburan.

Jumlah kopi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah paling banyak 2 gelas dalam sehari, atau setara dengan 30–300 mg kafein.

Lebih dari jumlah tersebut, kafein dapat mengganggu kesuburan laki-laki karena berimbas pada kualitas air mani dan pembentukan DNA sel sperma.

Baca Juga: Jangan Sembarang Mengonsumsi Obat Paracetamol, Ketahui Dosis dan Efek Sampingnya

Merokok

Kebiasaan lainnya yang dapat memperburuk kesuburan pria adalah merokok. Kebiasaan buruk ini bukan hanya memengaruhi kesuburan tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Disebutkan jika sperma perokok memiliki kerusakan DNA yang tidak dapat diperbaiki, sehingga membatasi kemungkinan pembuahan normal dan mendapatkan kehamilan yang sehat.

Minuman bersoda

Minuman bersoda berpotensi membuat kesuburan pria menurun. Sebab, minuman ini memiliki kandungan gula yang tinggi dan dapat menyebabkan resistensi insulin.

Ternyata, kondisi ini ternyata juga dapat memengaruhi kesehatan sperma. Disebutkan jika satu kaleng soda sehari bisa merusak sperma dan kemampuannya untuk bergerak akan berkurang.

Kelima hal tersebut tampaknya sederhana namun ternyata dapat mengganggu kesuburan. Segera hindari mulai sekarang, agar kesuburan dan kesehatan terjaga dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News