HOME, Bugar

Waspada, Pikun Bisa Terjadi Di Usia Muda! Ini Penyebab dan Cara Mencegah

Waspada, Pikun Bisa Terjadi Di Usia Muda! Ini Penyebab dan Cara Mencegah

MOMSMONEY.ID - Jakarta. Pikun adalah penyakit yang banyak terjadi saat usia tua. Namun saat ini juga banyak anak muda yang mengalami pikun. Kenali penyebab pikun pada usia muda dan cara mencegah secara mudah.

Penyebab utama pikun adalah penyakit Alzheimer atau demensia. Selain itu, faktor penyebab pikun antara lain:

  • Efek pengobatan
  • Depresi
  • Konsumsi alkohol
  • Stres
  • Penyakit kronis
  • Kurang istirahat
  • Efek penuaan

Cara mencegah pikun

Mengonsumsi bahan pangan adalah salah satu cara manusia mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh. Selain penting bagi kesehatan tubuh, makanan bernutrisi juga bisa membantu mencegah pikun.

Seluruh bahan makanan, baik buah, sayuran, kacang-kacangan, daging, ikan, gandum dan lain sebagainya, mengandung nutrisi sendiri-sendiri. Namun makanan yang berwarna-warni meriah seperti sayur dan buah, mengantongi keistimewaan tersendiri jika membahas soal senyawa gizi.

Baca juga: Waspada, ini 5 gejala penyakit demensia

Buah dan sayur berwarna cerah memiliki komponen vitamin, mineral, serat yang lebih komplit dibanding bahan pangan lain. Dalam satu jenis buah misalnya, kita bisa mendapatkan mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin D, mineral, serat, potasium dan beberapa senyawa antioksidan juga antiradang.

Dilansir dari Times of India, makanan berwarna tersebut bisa berkhasiat membantu mencegah pikun karena mampu menurunkan risiko gangguan kognitif dan meningkatkan daya ingat pada otak.

Penelitian yang termuat dalam American Academy of Neurology meneliti khasiat apa saja yang ada dalam kandungan flavanoid buah dan sayuran. Flavanoid adalah komponen antioksidan alami yang terkandung dalam hampir semua tanaman.

Dalam studi tersebut dikatakan, kekurangan flavanoid dalam tubuh bisa mempercepat munculnya gangguan kognitif akibat pertambahan usia kita, seperti pikun. Menurut Walter Willet, Md, DrPH dari Harvard University, flavanoid adalah struktur penting yang bisa mencegah turunnya kemampuan ingat pada otak yang bisa terjadi karena proses penuaan.

Jadi menambahkan porsi flavanoid, yang bisa didapat dari buah dan sayuran, adalah langkah tepat untuk mencegah menurunnya fungsi kognitif di usia yang menjelang senja.

Cara memilah sumber flavanoid terbaik untuk mencegah pikun

Untuk menambah asupan flavanoid guna mencegah pikun, ada baiknya kita mengenal sumber-sumber flavanoid yang paling besar yang ada di dunai botani. Menurut Willet, flavanoid banyak ditemukan pada bumbu-bumbu rempah, buah-buahan berwarna kuning atau orange, dan sayuran hijau.

Baca juga: 5 Olahraga otak ini bisa menjaga kesehatan dan kemampuan otak, mudah Anda coba!

Kandungan flavanoid dalam jenis bahan botani ini relatif tinggi, dan jika dikonsumsi rutin, bisa menurunkan risiko datangnya gangguan kognitif hingga sebesar 38 persen. Dalam setiap 100 gram paprika atau cabai, terdapat sekitar 5 mg flavanoid. Ini jumlah yang cukup tinggi jika dibandingkan takaran flavanoid dalam bahan pangan lain.

Sedangkan antosianin, senyawa yang juga bisa memblokir risiko gangguan kognitif, banyak terdapat pada blueberries, blackberries, dan buah cherry. Dalam 100 gr blueberries, diketahui ada sekitar 164 mg antosianin.

Untuk mencegah gangguan kognitif dan pikun lebih awal yang langsung memburuk, Anda bisa rutin mengonsumsi sumber pangan kaya antosianin dan flavanoid ini rutin setiap hari. Seperti memperbanyak mengonsumsi jeruk, lemon, paprika, sayuran hijau, apel, juga buah pir.

Demikianlah berbagai macam penyebab dan cara mencegah pikun. Konsumsi buah-buahan berwarna-warni tersebut dan rasakan manfaatnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mencegah Pikun dengan Buah dan Sayur Warna-warni",

 
Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

Selanjutnya: Bisa terjadi pada usia muda, ini penyebab pikun dan cara mencegah dengan buah & sayur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News