Keluarga

Waspada, Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hari Ini Berupa Paparan Sinar UV

Waspada, Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hari Ini Berupa Paparan Sinar UV

MOMSMONEY.ID - Bagi yang ingin beraktivitas di luar ruangan hari ini, Jumat (14/2), simak peringatan dini cuaca ekstrem berupa paparan sinar ultra violet atau UV berikut ini. 

Seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kepulauan Bangka Belitung bakal terpapar UV risiko bahaya rendah hingga risiko bahaya sangat ekstrem dalam durasi waktu yang berbeda. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, dengan peringatan dini bahaya sinar UV, masyarakat bisa mempersiapkan diri. 

"Agar masyarakat lebih memilih aktivitas dalam ruangan, jika pun hendak keluar mesti menggunakan topi, baju yang menutupi kulit dan menggunakan tabir surya," kata Mikron kepada Kompas.com, Kamis (13/4).

Baca Juga: Ini Prakiraan BMKG Cuaca di Bekasi, Depok, Bogor Besok (14/4), Turun Hujan?

Mikron mengingatkan, jika terpapar langsung sinar UV, akan mengakibatkan kerusakan pada kulit dan mata. 

"Untuk wilayah Bangka Belitung risiko puncaknya pukul 12.00-13.00 WIB dengan simbol merah indeks 8-10 kategori risiko bahaya sangat tinggi," ungkap Mikron. 

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) merilis paparan indeks UV pada 14 April 2023 mencakup wilayah Indonesia hingga perairan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. 

Paparan sinar UV diperkirakan mulai terjadi sejak pukul 06.00 WIB dari wilayah Samudera Pasifik dengat kategori warna ungu atau risiko bahaya sangat ekstrem. 

Selanjutnya bergerak ke wilayah Timur, Tengah, dan Barat Indonesia, sehingga puncak paparan sinar UV di setiap wilayah Indonesia terjadi dalam waktu yang berbeda. 

Baca Juga: Ramalan Cuaca Besok (14/4) di Banten dari BMKG, Hujan Berpotensi Mengguyur

Di Kalimantan, misalnya, menerima paparan UV simbol merah dalam rentang pukul 10.00-12.00 WIB. 

Kemudian kondisi yang sama beralih ke wilayah Sumatera dalam rentang pukul 12.00-13.00 WIB. 

Paparan sinar UV untuk seluruh wilayah Indonesia mulai mereda pukul 16.00 WIB. Ketika itu, statusnya sudah dinyatakan hijau atau risiko bahaya rendah.

Dan, pada pukul 17.00 WIB sudah tanpa risiko atau disimbolkan warna putih kosong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wilayah Indonesia Terpapar Sinar UV Kategori Ekstrem, Ini Antisipasinya"

Penulis: Kontributor Pangkalpinang, Heru Dahnur
Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News