HOME, Keluarga, Santai

Waspada Penipuan Kartu Kredit BCA via Email dan Whats App

Waspada Penipuan Kartu Kredit BCA via Email dan Whats App

MOMSMONEY.ID – Bagi moms pemegang kartu kredit PT Bank Central Asia Tbk (BCA), harap hati-hati dan waspada ya!. Karena belakangan ini, ada modus penipuan yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit BCA yaitu phishing kartu kredit via email, media sosial atau whats app.

Lalu seperti apa sih modus kejahatan perbankan phishing kartu kredit via email maupun media sosial. Yuk, moms simak informasinya di bawah ini.

Pertama, ciri-ciri modus phishing kartu kredit via email e-statement dan notifikasi transaksi tidak resmi.

  • Biasanya pelaku (fraudster) mengirimkan email yang menyerupai atau mirip dengan email BCA terkait e-statement (billing statement) dan notifikasi transaksi.
  • Fraudster mencoba untuk mendapatkan data rahasia cardholder seperti nomor kartu kredit, exp date dan CVV melalui link atau attachement yang dikirimkan melalui email tersebut.
  • Jika email tersebut menggunakan modus e-statement, maka fraudster akan menggunakan attachment. Sebagai cardholder BCA, karena terkait dengan e-statement maka akan otomatis melakukan klik terhadap attachment tersebut.

Padahal email tersebut dan type file attachement berbeda atau tidak sesuai dengan email resmi dari BCA.

Berikutnya kedua, ciri-ciri modus phishing kartu kredit via social media atau whats app tidak resmi. 

  • Fraudster mendekati cardholder BCA melalui media sosial atau whats app yang serupa tapi tak sama atau mirip dengan akun BCA.
  • Fraudster menginformasikan terdapat transaksi atau penggunaan kartu kredit yang tidak wajar.
  • Fraudster menginformasikan link blokir kartu kredit melalui media sosial atau whats app tersebut. Cardholder yang terkecoh akan otomatis mengisi data yang diminta di link tersebut.
  • Fraudster mencoba untuk mendapatkan data rahasia cardholder seperti nomor kartu kredit, exp date, dan CVV melalui link yang dikirimkan tersebut.

Jika moms sudah kenal dengan ciri-ciri modus kejahatan via email atau medis sosial. BCA kasih tips agar moms terhindar dari modus penipuan phishing seperti ini, simak yuk beberapa tips berikut ini.

  1. Kenali email resmi BCA:

o   Email resmi yang dipergunakan untuk notifikasi transaksi: KartuKreditBCA@klikbca.com

o   Email resmi yang dipergunakan untuk kirim billing statement: eStatement@klikbca.com(antara huruf “e” dan “Statement” tidak menggunakan tanda “-“ dan type file attachement adalah PDF)

Baca Juga: Deposito Bank Mandiri dan BRI, Senin 20 September 2021 Deposito Bank Mandiri dan BRI, Senin 20 September 2021

  1. Kenali akun social media dan whatsapp resmi BCA:

o   Akun resmi social media resmi BCA: Twitter @HaloBCA, FB/IG @GoodLifeBCA. Selengkapnya dapat dilihat pada link berikut BCA - Social Media

o   Waspada akun palsu BCA, cek di  BCA - Waspadai Akun Palsu HaloBCA di MedSos

o   Akun social media BCA verified adalah yang bercentang biru

o   Whats app resmi BCA adalah 0811-1500998 (Bank BCA) atau cek di sini Bagikan pada WhatsApp

o   Whats app resmi BCA verified adalah yang bercentang hijau

  1. Channel resmi untuk melakukan blokir kartu kredit BCA adalah melalui:

o   Aplikasi BCA mobile

o   Aplikasi Halo BCA, atau

o   Telpon Halo BCA di 1500888.

  1. Datamu rahasiamu. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi kartu kreditmu dan jangan berikan informasi ini kepada siapapun : nomor kartu kredit, kode OTP, PIN, Expired date kartu, dan nomor CVV/CVC kartu kredit.

Nah, mulai sekarang waspada ya jika menerima email, sosmed atau WA yang mencurigakan.

Selanjutnya: Keren! 3 Film Korea Ini Akan Di-Remake Hollywood

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News