HOME, Santai

Waspada Penipuan Biaya Administrasi Mengatasnamakan BRI

Waspada Penipuan Biaya Administrasi Mengatasnamakan BRI

MOMSMONEY.ID – Aksi kejahatan lewat digital seperti pesan singkat, sosial media hingga surat elektronik terus terjadi. Salah satunya yang menjadi target kejahatan digital adalah perbankan. Buat moms tetap waspada ya.

Salah satu modus kejahatan perbankan yang terbaru adalah informasi mengenai perubahan biaya administrasi ATM di Bank Rakyat Indonesia (BRI) tidak lagi Rp 6.500 per transaksi, melainkan Rp 150.000 per bulan dengan transaksi tidak terbatas.

Manajemen BRI memastikan bahwa hal tersebut adalah penipuan. BRI mengimbau kepada nasabah dan masyarakat untuk senantiasa berhati-hari dan waspada terhadap berbagai tindak penipuan kejahatan perbankan termasuk yang mengatasnamakan BRI.

Baca Juga: Promo Kartu Kredit BCA, Dapatkan Diskon Hotel hingga 35% di Bandung

Aksi kejahatan perbankan yang sering terjadi ini, BRI terus mengajak nasabah dan semua pihak selalu mengedepankan kewaspadaan dalam menerima pesan dalam bentuk apapun dengan tidak terburu-buru percaya dengan ajakan pesan tersebut.

BRI yang merupakan bank milik negara ini mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati serta tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI.

Misalnya, agar tidak memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user, password, OTP dan lainnya melalui  saluran, tautan atau website dengan sumber tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga: BTN Kasih Diskon 50% Untuk Pembelian Minuman di Chatime

Untuk jadi pelajaran bersama, sudah ada korban dari aksi kejahatan tersebut lho moms. Dari beberapa nasabah yang menjadi korban penipuan tersebut, salah satunya adalah viralnya potongan rekaman warga di Padang, Pariaman yang mendatangi unit kerja BRI karena menjadi korban penipuan, akibat memberikan user, password, dan OTP (One Time Password atau m-token) kepada pihak lain melalui link/tautan maupun jejaring pesan singkat.

Nah, agar tidak terjebak dari kejahatan perbankan, BRI juga mengimbau nasabah untuk menggunakan saluran resmi baik website maupun media sosial (verified) sebagai media komunikasi yang dapat dipercaya dan diakses oleh masyarakat secara luas melalui laman/akun di bawah ini :

Website: www.bri.co.id, Instagram: @bankbri_id, Twitter: @bankbri_id, @kontakbri, @promo_BRI,  Facebook: Bank BRI, Youtube: Bank BRI, Tiktok: @bankbri_id, dan Contact BRI 14017/1500017.

Baca Juga: Bunga Deposito Bank Mandiri dan BRI di Awal Juni 2022. Simak di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News