Santai

Waspada Penipuan, Begini Cara Mengenali Nomor WhatsApp Palsu

Waspada Penipuan, Begini Cara Mengenali Nomor WhatsApp Palsu

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mendapatkan WhatsApp dari nomor baru yang mengaku sebagai teman atau keluarga yang kehilangan ponselnya? Hati-hati penipuan! Anda perlu mengenali nomor WhatsApp palsu. 

Ada cara mengenali nomor WhatsApp palsu sehingga Anda terhindar dari penipuan. Sebab, orang yang menghubungi Anda akan meminta uang yang berujung dengan sebuah penipuan. 

Lalu, bagaimana cara mengenali nomor WhatsApp palsu? Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara mengenali nomor WhatsApp palsu.

Baca Juga: 3 Cara Download Instagram Story dengan Musik, Anti Gagal dan Tanpa Aplikasi Tambahan

WhatsApp mencoba yang terbaik untuk melindungi pengguna dari penipu dan akun palsu melalui proses pendaftaran akun yang ketat.

Anda memerlukan nomor telepon untuk mendaftar ke WhatsApp, dan verifikasi hanya dapat dilakukan setelah memasukkan kode yang dikirimkan ke nomor tersebut.

Namun, penipu dan pengguna WhatsApp yang tidak jujur ​​telah menemukan cara untuk menghubungi pengguna yang tidak sadar dengan nomor palsu.

Misalnya, beberapa aplikasi memungkinkan Anda membuat nomor telepon sementara untuk mengirim pesan teks, menelepon, dan mendaftarkan layanan seperti WhatsApp.

ilustrasi chat whatsapp

Nomor WhatsApp palsu dapat menipu Anda, mengirim pesan yang tidak diminta, atau mengelabui Anda untuk berbagi data pribadi.

Nah, oleh karena itu pentingnya mengetahui cara mengenali nomor WhatsApp palsu. 

Mengutip It Geared, berikut cara mengenali nomor WhatsApp palsu:

1. Mencari nomor mencurigakan atau internasional

Salah satu teknik yang digunakan scammers untuk menipu orang di WhatsApp melibatkan menyamar sebagai orang asing.

Misalnya, penipu dapat memperoleh nomor Inggris palsu dan mengirimi Anda pesan di WhatsApp tentang peluang untuk memenangkan beasiswa, peluang kerja, atau produk yang sedang dipromosikan. Mereka akan berperan sebagai orang asing, termasuk gaya bahasanya.

Baca Juga: Hati-Hati! Muncul Penipuan Link SatuSehat Mobile di WA

Berhati-hatilah dengan nomor yang tampaknya internasional ini karena mungkin palsu. 

Sekali lagi, jika Anda ragu bagaimana orang tersebut mendapatkan nomor Anda dan mereka tidak memberikan penjelasan yang meyakinkan, nomor tersebut mungkin palsu.

2. Periksa data pribadi 

Ketika Anda mendaftar untuk WhatsApp, Anda diminta untuk menambahkan informasi profil Anda. Data ini mencakup foto profil, nomor telepon, nama, dan bagian tentang Anda.

Jika pengguna memberikan sedikit data pribadi, mereka mungkin sengaja menyembunyikan informasi tersebut agar tetap anonim.

Dalam keadaan seperti itu, aman untuk menganggap nomor dan akun WhatsApp itu palsu.

3. Periksa identitas di platform pencarian nomor telepon terbalik

Pilih platform pilihan Anda dan cari nomor WhatsApp yang dicurigai. Itu mungkin nomor palsu jika Anda tidak mendapatkan nama yang cocok dengan kata-kata pengguna dalam percakapan.

4. Hubungi nomor secara pribadi

Jika mencari nomor di situs pencarian nomor terbalik tidak memberikan jawaban yang Anda cari, hubungi nomor tersebut secara pribadi.

Berikut ini adalah indikator Anda berurusan dengan nomor WhatsApp palsu:

- Panggilan tidak berhasil.

- Pengguna tidak menjawab telepon, meskipun Anda dapat mendengarnya berdering dan melihatnya online di WhatsApp.

- Orang yang berbeda mengangkat telepon. Misalnya, jika pengguna berpura-pura sebagai wanita tetapi pria yang menjawab telepon.

Baca Juga: Begini Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Aktif atau Tidak, Ikuti Langkah Ini

Selain itu, Anda juga perlu waspada dan mengenali chat WhatsApp palsu. 

Melansir Istrunch, hal yang diperlukan hanyalah hanyalah sedikit fokus dan kemampuan untuk menemukan detail kecil.

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara mengenali chat WhatsApp palsu dari screenshot atau tangkapan layar:

1. Tampilan chat

Keseluruhan tampilan dan nuansa tangkapan layar dapat memberikan kesalahan nyata yang sering terjadi saat menyiapkan tangkapan layar palsu. 

- Jika Anda mengetahui bahwa pengirim tangkapan layar menggunakan iPhone, tetapi tangkapan layarnya dari aplikasi Android, berhati-hatilah.

- Bandingkan tangkapan layar dengan layar obrolan asli Anda, dan identifikasi perbedaan apa pun. Jika memungkinkan, periksa apakah gambar profil sudah benar.

- Jika tangkapan layar berasal dari obrolan grup, Anda harus melihat info yang ditampilkan tepat di bawah nama grup di bagian atas.

- Platform yang membantu membuat tangkapan layar palsu ini sering kali meninggalkan tanda airnya. Jika Anda melihat tanda air di tangkapan layar itu tangkapan layar palsu.

Baca Juga: Cara Membuat Katalog Produk di WhatsApp Business, Bikin Usaha Makin Menarik

2. Font

WhatsApp memiliki font uniknya sendiri yang sama dengan font ponsel Anda.

Jadi, setiap kali Anda menerima tangkapan layar obrolan yang tampak mencurigakan, lihat saja font obrolan lebih dekat.

Caranya, perbesar tangkapan layar, dan cari anomali apa pun antara font layar WhatsApp (pesan, nama profil, dan info tertulis lainnya di bawah nama profil di bagian atas) dan gaya font serta ukuran bilah status di bagian atas.

3. Waktu dan tanggal

Pertama-tama, periksa apakah format stempel waktu sama dengan format waktu yang ditampilkan di bilah status.

Stempel waktu pada pesan WhatsApp selalu dalam format yang sama dengan pengaturan telepon. 

Artinya, jika ponsel mengikuti format 12 jam, pesan di WhatsApp juga menampilkan waktu dalam format yang sama.

Jadi, jika Anda melihat tangkapan layar dengan pesan yang dikirim atau diterima pada, katakanlah, pukul 16:00 tetapi waktu di bilah status di atas menunjukkan pukul 16:00, pasti ada yang tidak beres.

Baca Juga: Cara Menggunakan Mode Hemat Daya di Telegram Tanpa Perlu Langganan Premium

Kemudian, Anda perlu memeriksa apakah pengaturan waktu pesan berikutnya masuk akal.

Jika waktu di bilah status menunjukkan pukul 16:00, tetapi pesan pada hari yang sama menunjukkan apa pun setelah pukul 16:00, Anda dapat segera menemukan tangkapan layar palsu.

4. Spasi

Spasi pesan, stempel waktu, dan ikon tidak boleh diabaikan saat mencoba mengidentifikasi tangkapan layar palsu.

Hati-hati terhadap spasi yang tidak konsisten di antara pesan. Misalnya, jika format waktunya adalah 12 jam, selalu ada jarak antara nilai waktu dan am/pm. Misalnya, waktu harus selalu pukul 4:00 pm dan bukan pukul 4:00pm. 

Nah, itulah beberapa cara mengenali nomor WhatsApp palsu. Anda perlu waspada agar terhindar dari penipuan yang menyamar sebagai teman atau orang terdekat Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News