Bugar

Waspada Moms! Inilah 5 Komplikasi Penyakit yang Disebabkan oleh Kanker Serviks

Waspada Moms! Inilah 5 Komplikasi Penyakit yang Disebabkan oleh Kanker Serviks

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa komplikasi penyakit yang mungkin saja terjadi karena disebabkan oleh kanker serviks.

Salah satu penyakit yang paling ditakuti wanita adalah kanker serviks. Kanker ini banyak merenggut nyawa wanita di dunia, termasuk Indonesia.   

Menurut data dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan 2015, data Globocan tahun 2012, menunjukkan tiap harinya ada 26 wanita di Indonesia meninggal akibat kanker serviks.  

Padahal, kanker yang menyerang leher rahim ini termasuk kanker yang paling bisa dicegah dan disembuhkan ketimbang kanker lainnya. Asalkan diketahui sejak stadium awal.   

Dilansir dari Cancer Care, berikut ini adalah beberapa komplikasi penykait yang disebabkan oleh kanker serviks, antara lain:  

Baca Juga: Sebelum Vaksin HPV, Kenali Dulu Penyebab Utama Kanker Serviks Ini Moms

1. Gagal ginjal 

Komplikasi penykait yang disebabkan oleh kanker serviks pertama adalah gagal ginjal. 

Gagal ginjal adalah komplikasi yang dapat terjadi ketika wanita mengidap kanker serviks. Kondisi inilah yang nantinya bisa menyebabkan gagal ginjal.    

Seperti dilansir dari Very Well Health, kanker serviks bisa menimbulkan komplikasi karena adanya tekanan berlebih pada ureter. 

2. Pembekuan darah

Komplikasi penykait yang disebabkan oleh kanker serviks kedua adalah pembekuan darah. Perkembangan tumor yang berkembang memicu tekanan darah pada panggul.

Kondisi ini dapat memperlambat aliran darah yang menyebabkan pembekuan darah berkembang pada kaki.   

3. Penyebaran sel kanker

Komplikasi penykait yang disebabkan oleh kanker serviks ketiga adalah penyebaran sel kanker. Kondisi ini tentunya dapat meningkatkan risiko perburukan pada kesehatan.  

Kanker serviks yang tidak diatasi juga dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker sehingga menyebar ke seluruh bagian leher rahim.  

4. Menopause dini

Komplikasi penykait yang disebabkan oleh kanker serviks keempat adalah menopause dini. Kondisi ini terjadi ketika ovarium berhenti memproduksi hormon estrogen dan progesteron. 

Pada kondisi ini, pengidapnya akan mengalami gejala, seperti Miss V kering, kehilangan gairah seksual, hingga sensasi rasa panas dan berkeringat (hot flushes).  

Baca Juga: Simak, Inilah Gejala dan Penyebab Kanker Mulut yang Harus Anda Ketahui

5. Perdarahan berlebih

Komplikasi penykait yang disebabkan oleh kanker serviks kelima adalah perdarahan berlebihan.  

Ketika kanker serviks mulai menyebar hingga ke Miss V, usus, ataupun kandung kemih, maka kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan di rektum atau di Miss V.  

Itulah beberapa komplikasi penykait yang disebabkan oleh kanker serviks dan perlu Anda ketahui dan waspadai.  

Untuk mencegah kanker serviks, Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan melakukan pap smear. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News