Bugar

Waspada! Kenali 3 Dampak Terlalu Sering Memakai Masker Wajah

Waspada! Kenali 3 Dampak Terlalu Sering Memakai Masker Wajah

MOMSMONEY.ID - Anda harus tahu dampak terlalu sering memakai masker wajah buat kesehatan kulit. Masker adalah produk basic skincare yang populer digunakan oleh wanita.

Manfaat memakai masker di wajah, yaitu melembabkan kulit, mencerahkan kulit, mengatasi masalah jerawat dan komedo, serta mencegah penuaan dini. 

Namun, jika masker digunakan terlalu sering, maka malah menyebabkan masalah kulit yang buruk. Oleh sebab itu, gunakan masker di waktu yang tepat dan beri jeda pemakaian.

Lebih jelasnya, berikut tiga dampak terlalu sering memakai masker wajah dilansir dari senka.id

1. Timbul Jerawat

Dampak pertama terlalu sering masker wajah adalah timbul jerawat. Anda harus tahu bahwa terlalu sering maskeran membuat skin barrier rusak. Hal ini karena masker dapat mempercepat regenerasi lapisan sel kulit mati yang membuat kadar kelembapan kulit berkurang.

Selain itu, wajah pun terus memproduksi minyak alami (sebum) sebagai upaya dalam menjaga kelembapan. Sehingga, wajah jadi rentan berjerawat akibat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori. 

Baca Juga: Promo Tiket.com Hotel Domestik sampai 4 November 2022, Diskon Hingga 55%

2. Kulit Menjadi Kering

Dampak terlalu sering memakai masker selanjutnya adalah kulit menjadi kering. Pemakaian masker yang berlebihan tidak bikin kulit wajah Anda makin lembap, tetapi dapat membuat produksi minyak di wajah terkikis. Apalagi jika masker yang digunakan mengandung alkohol. Kulit bisa iritasi, kering, kesat, hingga sensitif.

3. Mempercepat Penuaan Dini

Berikutnya, terlalu sering memakai masker bisa mempercepat penuaan dini. Hal ini karena kulit tidak dapat memproduksi minyak dengan optimal karena fokus untuk mengembalikan kelembapannya. Bukannya menjadi sehat dan kenyal, kulit jadi gampang berkerut.

Nah, itulah tiga dampak yang akan terjadi jika terlalu sering memakai masker wajah. Perhatikan waktu penggunaan masker wajah yang tepat. Anda bisa memakai masker wajah 1-2 kali dalam seminggu saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News