Bugar

Waspada! Kelebihan Garam Selama Kehamilan Bisa Berdampak terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Waspada! Kelebihan Garam Selama Kehamilan Bisa Berdampak terhadap Kesehatan Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Garam adalah salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan dalam masakan, bahkan minuman.

Penyedap rasa ini mempunyai peran penting dalam tubuh. Walaupun penting, konsumsi garam yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan secara umum.

Penting memperhatikan jumlah garam yang dikonsumsi, apalagi saat sedang hamil. Konsumsi garam berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, khususnya pada ibu hamil.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Dia 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Janin

Seperti dilansir dari Pregnant Education, berikut adalah bahaya kelebihan garam saat hamil yang harus diwaspadai, antara lain: 

Kaki bengkak

Kaki bengkak memang merupakan kondisi umum yang terjadi pada ibu hamil karena adanya perubahan hormon.

Namun, asupan garam yang sangat tinggi juga dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh ibu mudah bengkak, bahkan dapat memperbesar pembengkakan yang sudah terjadi.

Preeklampsia

Preeklampsia merupakan komplikasi kehamilan yang disebabkan tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat berkembang menjadi komplikasi yang serius dan berakibat fatal bagi ibu maupun bayi.

Gejalanya adalah pembengkakan pada kaki, sering buang air kecil dan tekanan darah tinggi. Jadi, untuk menjaga tekanan darah ibu tetap stabil, ibu dapat mengurangi asupan garam.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Telapak Kaki Sering Panas di Malam Hari, Bisa Jadi Tanda Penyakit!

Obesitas

Bahaya kelebihan garam saat hamil yang selanjutnya bisa mengakibatkan obesitas. Mengonsumsi makanan berkadar garam tinggi juga dapat membuat ibu mengalami obesitas.

Kelebihan berat badan bisa memberi dampak buruk kepada janin maupun ibu sendiri. Ibu berisiko mengalami diabetes gestasional, infeksi saluran kemih, dan preeklampsia.

Risiko mengalami keguguran juga meningkat jika ibu obesitas. Karena itu, menerapkan pola makan sehat dan menjaga asupan makanan sangat penting dilakukan selama kehamilan.

Mempengaruhi kesehatan jantung

Tidak hanya ibu yang berisiko mengalami penyakit jantung, pembentukan jantung pada janin pun bisa terhambat jika ibu hamil kelebihan asupan garam.

Jadi, jagalah kesehatan jantung dengan memerhatikan kadar garam dari makanan yang ibu konsumsi. Karena kesehatan jantung ibu juga akan berpengaruh pada kesehatan janin.

Gunakan garam secukupnya dan hindari konsumsi makanan yang diproses dengan kandungan garam berlebih. Jika muncul keluhan tertentu, segeralah berkonsultasi kepada dokter Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News