Bugar

Waspada jika Sering Insomnia, Kenali Gejala Kanker Otak Sejak Dini

Waspada jika Sering Insomnia, Kenali Gejala Kanker Otak Sejak Dini

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa gejala kanker otak yang perlu Anda ketahui sejak dini, agar bisa mencegah dan mengantisipasinya. Salah satu gejalanya adalah insomnia akut.

Otak merupakan organ yang sangat penting. Hal tersebut membuat kita harus menjaga kesehatan otak agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya penyakit kanker.  

Kanker otak adalah kondisi munculnya sel-sel yang abnormal yang tidak terkendali pada bagian otak dan menyebabkan terbentuknya massa (tumor), dilansir dari WebMD.

Umumnya, kanker otak bersifat ganas karena dapat menyebar ke sel-sel maupun jaringan terdekat pada sel kanker. Kanker otak dapat menimbulkan gejala yang berbeda pada tiap pasien. 

Kanker otak juga dapat membuat penderitanya mudah lelah, sulit atau tidak bisa menggerakkan salah satu bagian tubuh (lumpuh), sering mual dan sulit berbicara.

Akibat lainnya adalah susah menelan, sulit berjalan, kesemutan atau mati rasa di bagian tubuh tertentu, kejang, atau menunjukkan tanda-tanda peningkatan tekanan di dalam kepala. 

Gejala lain yang mungkin muncul adalah gangguan pendengaran, penglihatan, serta keseimbangan dan koordinasi tubuh. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Mengutip dari Mental Health, beberapa gejala kanker otak yang perlu Anda ketahui sejak dini agar bisa mencegah dan mengantisipasinya, antara lain: 

1. Daya ingat menurun atau mudah lupa. 

2. Sulit konsentrasi. 

3. Gangguan tidur atau insomnia. 

4. Perubahan suasana hati (mood) yang terjadi tanpa alasan yang jelas, misalnya dari yang awalnya ceria berubah menjadi sedih, depresi, atau mudah marah. 

5. Perubahan perilaku dan kepribadian, misalnya yang awalnya memiliki perilaku baik dan sabar menjadi agresif dan mudah emosi. 

6. Penalarannya menurun, buruk dalam menilai suatu hal, dan sulit menahan diri (impulsif). 

7. Sering merasa kebingungan. 

8. Gangguan halusinasi. 

9. Kejang 

10. Kelemahan dan mati rasa 

Baca Juga: Cari Tahu Yuk, Ini Sederet Kandungan Gizi dan Manfaat Kelengkeng untuk Kesehatan

Inilah beberapa gejala dari penyakit kanker otak. Gejala tersebut biasanya akan disertai dengan beberapa gejala umum, seperti demam, muntah, hingga pusing. 

Jika Anda mengalami keluhan kesehatan terkait kanker otak, segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat dan tanyakan langsung pada dokter untuk memastikan kondisi kesehatan.  

Pemeriksaan dan diagnosis lebih dini membuat pengobatan dan perawatan bisa lebih mudah dilakukan. Sehingga kesempatan untuk pulih akan semakin lebih besar.

Itulah beberapa gejala kanker otak yang perlu Anda ketahui sejak dini agar bisa mencegah dan mengantisipasinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News