HOME, Bugar

Waspada! Inilah Sederet Dampak Kurang Tidur untuk Kesehatan

Waspada! Inilah Sederet Dampak Kurang Tidur untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Tidur sangat penting untuk tubuh. Saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik secara fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun tidur.

Padahal, kebutuhan manusia akan tidur setara dengan kebutuhan dasar lainnya, seperti makan dan bernapas. Bila dibiarkan, kurang tidur dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi, bisa menyebabkan Anda terlihat lelah, tubuh terasa lemas, menguap sepanjang hari, dan sulit konsentrasi. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dirangkum dari National Health Service UK dan Web MD, berikut ini adalah beberapa dampak kurang tidur untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Depresi

Dampak kurang tidur untuk kesehatan yang pertama adalah depresi. Kurang tidur memicu Anda mengalami perubahan suasana hati, lebih emosional, hingga mudah tersinggung.

Jika kebiasaan ini tidak diperbaiki, bukan tidak mungkin Anda bisa mengalami depresi hingga gangguan kecemasan akibat kekurangan tidur dalam waktu yang cukup lama.

2. Obesitas

Dampak kurang tidur untuk kesehatan yang kedua adalah obesitas. Kebiasaan kurang tidur nyatanya berkaitan langsung dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan.

Inilah yang membuat Anda terus merasa lapar ketika kekurangan tidur. Hasilnya, berat badan bisa saja meningkat akibat porsi makan yang berlebihan.

3. Performa seks menurun

Dampak kurang tidur untuk kesehatan yang ketiga mengalami performa seks yang menurun. 

Pria dan wanita yang kurang tidur akan mengalami penurunan hasrat untuk melakukan hubungan seksual dan memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih rendah. 

Baca Juga: Inilah 5 Cara Sederhana Mengatasi Mulut Pahit Saat Sedang Sakit

4. Diabetes

Dampak kurang tidur untuk kesehatan yang keempat adalah diabetes. Jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes sebaiknya pastikan Anda memenuhi kebutuhan tidur dengan baik.

Pasalnya, kekurangan tidur dapat menyebabkan gangguan produksi insulin dalam tubuh yang berisiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

5. Mudah sakit dan susah sembuh

Dampak kurang tidur untuk kesehatan yang terakhir adalah mudah sakit dan susah sembuh. Sistem kekebalan tubuh menghasilkan protein yang bernama sitokin.

Protein ini dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi, peradangan, dan stres. Sitokin akan dilepaskan tubuh saat kita tertidur.

Jika kurang tidur, produksi protein ini pun akan berkurang sehingga kemampuan sel imun dalam melawan infeksi akan menurun dan menghambat proses penyembuhan.

Bila Anda mengalami kondisi kurang tidur atau mengalami gejala susah tidur, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News