Keluarga

Waspada, Ini Makanan yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Kucing!

Waspada, Ini Makanan yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Kucing!

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang memelihara kucing di rumah, pasti pernah mengalami saat-saat ketika si kucing mendekati Anda dan terlihat penasaran dengan makanan yang sedang dimakan.

Sekilas, membagi makanan Anda dengan si kucing memang terasa menyenangkan. Namun, perlu berhati-hati karena tidak semua makanan manusia bisa dikonsumsi kucing dengan aman. Faktanya, ada beberapa jenis makanan yang justru bisa membuat si kucing sakit dan keracunan, lo.

Nah, kira-kira makanan apa saja yang beracun dan berbahaya jika dikonsumsi kucing? Dikutip dari Hill’s Pet dan Daily Paws, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengapa Kucing Peliharaan Jangan Dibiarkan Keluar Rumah? Ini Alasannya

Coklat

Coklat hitam

Sama seperti anjing, coklat ternyata juga beracun untuk kucing. Sebab, coklat mengandung zat bernama methylxanthines yang bisa menyebabkan muntah-muntah, diare, detak jantung tidak normal, suhu badan tinggi, hingga kejang-kejang. Zat ini juga ditemukan pada kopi dan minuman berkafein lainnya, sehingga Anda harus berhati-hati saat memberikan coklat dan kopi pada kucing.

Alkohol

Minum alkohol

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol sebaiknya tidak dikonsumsi oleh kucing. Pasalnya, alkohol bisa menyebabkan muntah-muntah, tremor, diare, disorientasi, kesulitan bernapas, koma, hingga kematian. Jika kucing Anda mengonsumsi alkohol (bahkan dalam jumlah kecil), langsung bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan.

Susu

Susu

Walaupun kucing kerap digambarkan suka minum susu, sebenarnya mereka tidak disarankan mengonsumsi susu (terutama susu dairy seperti susu sapi). Susu mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh kucing, sehingga bisa mengakibatkan sakit perut dan diare. Selain susu, produk olahannya seperti keju dan yogurt juga tidak disarankan untuk dikonsumsi kucing.

Baca Juga: Fakta Seputar Kucing Russian Blue, Tenang dan Suka Bermain!

Anggur dan kismis

Buah Anggur

Anggur dan kismis termasuk makanan yang harus dihindari kucing, karena bisa mengakibatkan gagal ginjal. Selain gagal ginjal, masalah kesehatan yang muncul akibat mengonsumsi anggur dan kismis termasuk muntah-muntah, diare, nafsu makan menurun, hingga nyeri perut.

Telur, daging, dan tulang mentah

Telur mentah

Sama seperti manusia, kucing yang mengonsumsi telur dan daging mentah bisa keracunan akibat bakteri salmonella atau E. coli sehingga muntah-muntah dan diare. Telur mentah juga mengandung enzim yang bisa menyebabkan masalah kulit dan bulu pada kucing. Sementara itu, tulang mentah bisa melukai mulut dan sistem pencernaan kucing, serta membuat kucing tersedak.

Bawang bombay dan bawang putih

Bawang putih

Segala jenis bawang-bawangan seperti bawang bombay, bawang putih, bawang merah, hingga daun bawang bisa mengganggu produksi sel darah merah kucing dan menyebabkan anemia. Selain dalam wujud mentah, olahan bawang seperti bubuk bawang putih juga berbahaya bagi kucing. Jadi, hindarkan mereka dari mengonsumsi bawang-bawangan.

Itulah beberapa makanan yang beracun dan berbahaya jika dikonsumsi oleh kucing. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News