HOME, Bugar

Waspada! Ini Gejala Penyakit Jantung yang Harus Dipahami

Waspada! Ini Gejala Penyakit Jantung yang Harus Dipahami

MOMSMONEY.ID - Penyakit jantung terdiri dari berbagai jenis, mulai dari serangan jantung hingga gagal jantung. Setiap jenisnya, menunjukkan gejala yang berbeda-beda. 

Penyakit jantung (penyakit kardiovaskuler) dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani segera dengan perawatan yang tepat.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbanyak ke-2 di Indonesia. Tak cuma itu saja, penyakit ini juga menyebabkan kerugian yang besar secara finansial.

Berdasarkan data BPJS menunjukkan adanya peningkatan biaya kesehatan untuk penyakit jantung dari tahun ke tahun. Meski demikian, Anda dapat mengenali gejala umum dari penyakit jantung yang sering dikeluhkan penderitanya, sebagai berikut. 

Baca Juga: 5 Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

1. Sesak napas

Sesak dan kesulitan bernapas juga bisa menjadi tanda serangan jantung. Kondisi ini bisa disebabkan karena kegagalan pompa jantung, sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancar dan malah tertumpuk di paru.

2. Dada merasa tidak nyaman

Ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai dan paling umum adalah rasa tidak nyaman pada dada. Memang saat seseorang memiliki sumbatan pada arteri atau serangan jantung, perasaan nyeri, sesak, hingga tekanan di dada dapat dirasakan.

Gejala ini biasanya dirasakan lebih dari beberapa menit dan mungkin timbul saat sedang istirahat atau melakukan kegiatan yang bersifat fisik. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan gejala ini tidak dirasakan, terutama pada wanita.

3. Mendengkur

Seseorang yang mendengkur dengan suara yang keras serta terdengar seperti terengah-engah dapat menjadi tanda jika mengalami apnea tidur.

Hal ini menyebabkan napas berhenti sejenak beberapa kali dan memberikan dampak buruk pada jantung. Jika diketahui kamu rutin mengalami ini, ada baiknya melakukan pemeriksaan.

Baca Juga: Manfaat Melon untuk Perempuan yang Jarang Diketahui

4. Nyeri perut

Walaupun tidak khas, beberapa orang akan mengeluhkan nyeri pada area ulu hati. Keluhan ini kadang disalahartikan sebagai sakit maag, padahal merupakan gejala serangan jantung. 

Untuk membedakannya diperlukan pemeriksaan yang teliti, misalnya dengan aliran listrik jantung atau elektrokardiografi (EKG).

5. Nyeri yang melebar ke lengan

Gejala serangan jantung yang kerap dirasakan adalah perasan nyeri yang menjalar dari dada ke sisi kiri tubuh. Maka dari itu, saat merasa dada tidak nyaman dan diperparah dengan nyeri yang melebar hingga lengan, ada baiknya untuk segera mendapatkan pemeriksaan dari ahli medis.

Jika benar disebabkan oleh serangan jantung, penanganan dini mampu dilakukan untuk mencegah kematian.

Maka dari itu, jika kamu mengalami salah satu atau lebih gejala yang telah disebutkan, ada baiknya untuk segera mendapatkan pemeriksaan terkait kesehatan jantung. 

Selanjutnya: Konsumsi 5 Buah Ini untuk Meredakan Sakit Kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News