HOME, Bugar

Waspada! Ini Ciri-Ciri Kanker Mulut Pada Anak

Waspada! Ini Ciri-Ciri Kanker Mulut Pada Anak

MOMSMONEY.ID - Kanker mulut adalah kanker yang terjadi pada jaringan dinding mulut, bibir, lidah, gusi, atau langit-langit. Kanker mulut juga dapat terjadi pada jaringan di tenggorokan (faring) dan kelenjar ludah, dilansir dari Healthline.

Kanker mulut disebabkan tumbuhnya jaringan abnormal di dalam mulut. Gejala kanker mulut yang umumnya dirasakan adalah sariawan yang tidak kunjung sembuh, muncul bercak putih atau merah, serta rasa sakit di dalam mulut.

Baca Juga: Mengenali Risiko Penyakit bisa Dilihat dari Golongan Darah

Dirangkum dari Healthline dan Health Focus, berikut ini adalah tanda gejala kanker mulut pada anak yang perlu diwaspadai:

1. Perdarahan dan nyeri pada area mulut

Jika anak mengeluhkan nyeri pada area mulut, seperti gigi dan gusi, sebaiknya jangan abaikan kondisi ini. Ibu bisa segera membawa anak ke dokter gigi untuk memastikan nyeri yang dialami oleh anak. 

2. Pembengkakan dan benjolan dalam mulut

Pastikan setiap perubahan yang terjadi pada area mulut anak. Adanya pembengkakan atau benjolan pada area sekitar mulut anak bisa menjadi salah satu tanda kanker mulut.

3. Sariawan

Sebaiknya jangan abaikan jika anak mengalami sariawan. Pastikan ibu memenuhi kebutuhan air putih dan vitamin C anak agar sariawan pulih dengan cepat. 

Baca Juga: Waspadai Gejala Kanker Prostat, Ini Tanda-Tandanya

4. Bercak dalam mulut

Jangan abaikan jika terdapat bercak berwarna putih atau kemerahan pada area mulut anak. Biasanya, bercak putih dan kemerahan dapat ditemukan pada area lidah, gusi, hingga bagian dalam mulut. 

5. Kesulitan menelan

Kanker mulut juga ditandai dengan gejala lain, seperti kesulitan menelan dan sakit tenggorokan yang tidak kunjung membaik. 

Untuk mencegah kondisi yang memburuk dan mengoptimalkan kesehatan anak, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Apalagi jika anak memiliki beberapa gejala atau tanda keluhan kesehatan yang terkait dengan kanker mulut berikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News