Santai

Waspada! Ini 5 Tanda Tanaman Hias Terendam Air, Bisa Bikin Busuk

Waspada! Ini 5 Tanda Tanaman Hias Terendam Air, Bisa Bikin Busuk

MOMSMONEY.ID - Tumbuhan, sama seperti manusia atau hewan, membutuhkan air untuk bertahan hidup. Namun, terlalu banyak air juga membuat tanaman hias mudah busuk. 

Ada beberapa tanda tanaman hias terendam air. Hal ini tentunya wajib menjadi perhatian bagi pecinta tanaman hias. 

Anda bisa mengetahui beberapa ciri dan tanda tanaman hias terendam air. 

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Gantung yang Bikin Hemat Tempat dan Mudah Dirawat

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini tanda tanaman hias terendam air. 

1. Dedaunan yang Layu 

Indikasi awal yang menunjukkan tanaman Anda terendam air adalah saat tanaman mulai layu. Ini adalah tahap ketika seluruh tanaman mulai membungkuk.

Pada tanaman yang berada di bawah air, daunnya juga tampak segar dan tidak lemas. Pada permukaan daun terdapat pori-pori yang disebut stoma, yang memungkinkan udara masuk ke dalam tumbuhan. Karena kekurangan air, daun menutup stomanya untuk mencegah penguapan yang menyebabkan tanaman layu.

2. Daun Rontok

Monstera

Daun bagian bawah biasanya yang pertama terkena serangan karena daun mulai mengering. Ujungnya berubah warna, menjadi coklat, dan akhirnya rontok.

Tepi daun yang melengkung dan kering adalah tanda-tanda lain tanaman terendam air.

3. Perlambatan Pertumbuhan Tanaman

Kapan pun pertumbuhan tanaman terlihat melambat, ini mungkin merupakan tanda penting bahwa tanaman tidak menerima cukup air. Ini bisa menjadi situasi permanen atau bahkan sementara, yang bisa dibalik.

Baca Juga: 7 Tanda Tanaman Hias Butuh Nitrogen, Selamatkan Segera agar Tidak Rusak

Jika tanaman mengalami kekurangan pasokan air untuk sementara, pertumbuhannya mungkin tidak terlalu terpengaruh. Jika masalah ini berkepanjangan, daun baru akan tumbuh lebih kecil dari biasanya.

4. Tanah Kering

Cara terbaik untuk memahami kurangnya pasokan air ke tanaman Anda adalah dengan tanah kering. Tidak mengherankan jika tanaman akan segera layu dan mati. Cara sederhana untuk menguji kelembapan tanah adalah dengan merasakannya dengan jari Anda.

Kapan pun lapisan atas tanah terasa agak kering saat disentuh, sirami tanaman hingga mulai merembes keluar dari lubang drainase di bagian bawah. Tunggu hingga lapisan atas tanah mengering kembali dan itu merupakan indikasi bahwa tanaman perlu disiram.

5. Warna Pudar

Jika tanaman tidak mendapatkan air yang cukup, dedaunan mulai layu. Hal ini terutama terlihat pada tanaman beraneka ragam di mana Anda dapat melihat warnanya memudar. Dedaunan juga akan menunjukkan tanda-tanda menipis.

Baca Juga: 9 Tanda Tanaman Hias Indoor Butuh Sinar Matahari, Simak Ciri-cirinya

Hal yang Harus Dilakukan

Dalam hal penyiraman, setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda dan Anda tidak dapat menggunakan “satu pendekatan untuk semua” dalam hal ini.

- Selalu awasi lapisan tanah atas. Jika sudah terasa agak kering saat disentuh, sirami tanaman hingga merembes keluar dari lubang drainase di dasar pot.

- Menggunakan pengukur kelembapan juga merupakan ide bagus untuk mengawasi ketinggian air di media tanam.

- Jika tanaman mengalami guncangan karena tanah yang terlalu kering, sirami dengan baik dan jauhkan dari sinar matahari selama beberapa hari. Tempatkan di tempat yang mendapat cahaya tidak langsung.

Nah itulah beberapa tanda tanaman hias terendam air. Anda bisa melakukan beberapa cara di atas agar tanaman hias tidak terendam air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News