HOME, Bugar

Waspada! Ini 5 Tanda Anda Mengalami Kelelahan Mental

Waspada! Ini 5 Tanda Anda Mengalami Kelelahan Mental

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tanda kelelahan mental yang perlu Anda waspadai. Mulai dari kehilangan motivasi, hingga mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi.

Jika Anda mengalami salah satu atau sejumlah tanda tersebut, segeralah meminta bantuan medis pada ahlinya.

Tujuannya agar penanganan yang tepat untuk mengatasi setiap permasalahan yang Anda hadapi dapat segera dilakukan.

Kelelahan mental bisa dialami oleh siapa saja dalam keadaan apapun. Hal ini bisa terjadi akibat adanya kondisi atau situasi yang menyebabkan stres dalam jangka panjang.

Biasanya, saat mengalami kelelahan mental, seseorang akan merasa terperangkap dalam satu situasi sulit dan tidak memiliki kekuatan atau daya untuk mengatasinya. 

Baca Juga: Manfaat Jalan Kaki yang Perlu Anda Ketahui

Ada berbagai tanda yang perlu Anda waspadai terhadap kondisi kelelahan mental. Kelelahan mental dapat menyebabkan berbagai gejala pada pengidapnya.

Dilansir dari Mental Health, inilah beberapa tanda Anda mengalami kelelahan mental, antara lain: 

1. Kelelahan fisik

Tanda Anda mengalami kelelahan mental yang pertama adalah kelelahan fisik. Mental yang lelah juga berkaitan langsung dengan fisik.

Kondisi ini meningkatkan risiko kelelahan fisik, gangguan tidur, hingga nyeri sendi dan otot. Tidak jarang, kelelahan mental yang tidak diatasi dapat menyebabkan Anda mengalami sakit kepala.

2. Kehilangan motivasi

Tanda Anda mengalami kelelahan mental yang kedua adalah kehilangan motivasi. Anda akan lebih mudah kehilangan motivasi atas apa yang akan dikerjakan.

Selain itu, Anda juga akan merasa hasil yang Anda kerjakan pasti akan buruk, meskipun Anda telah mengerjakannya dengan sebaik mungkin.

3. Lebih mudah tersinggung

Tanda Anda mengalami kelelahan mental yang ketiga adalah lebih mudah tersinggung. Kelelahan mental yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan Anda lebih mudah tersinggung.

Bahkan, terhadap hal-hal kecil yang biasanya dianggap wajar. Sikap mudah tersinggung ini juga membuat Anda kerap meledakkan amarah dan putus asa.

4. Tingkat stres tinggi

Tanda Anda mengalami kelelahan mental yang keempat adalah stres tinggi. Saat Anda merasa kondisi stres yang tidak kunjung reda, bisa jadi ini tanda dari kelelahan mental yang Anda alami. 

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Inilah 5 Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil dan Janin

5. Kesulitan berkonsentrasi

Tanda Anda mengalami kelelahan mental yang kelima adalah kesulitan berkonsentrasi. Terlalu banyak situasi yang membuat tekanan nyatanya dapat membuat Anda kesulitan untuk berkonsentrasi.

Cobalah untuk mengatasi situasi secara perlahan agar Anda dapat mengerjakan dan mengatasi semuanya dengan lebih baik dan penuh konsentrasi.

Itulah beberapa tanda yang perlu Anda waspadai terkait dengan kelelahan mental. Jangan abaikan gejala yang berlangsung cukup lama.

Apalagi jika Anda sudah berpikir untuk melakukan tindakan bunuh diri. Segera minta bantuan pada tim medis agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi setiap permasalahan yang Anda hadapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News