Bugar

Waspada! Ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang saat Musim Hujan

Waspada! Ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang saat Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Musim hujan membuat udara menjadi lebih lembap dan memudahkan kuman penyebab penyakit, baik virus, bakteri, dan jamur untuk berkembang biak di berbagai tempat. 

Beberapa penyakit tak mengenal musim alias bisa menyerang kapan saja. Namun, ada pula beberapa penyakit yang kejadiannya atau penularannya meningkat di musim tertentu.

Mengenali berbagai penyakit umum yang biasa terjadi di musim hujan akan membuat Anda lebih waspada untuk mencegah penularannya.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini 5 Penyakit yang Rentan Terjadi pada Anak

Dilsnir dari Women's Health, berikut ini beberapa jenis penyakit yang sering terjadi di musim hujan dan perlu diwaspadi, antara lain: 

Tifus

Penyakit yang sering terjadi di musim hujan pertama adalah tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, yang menyebar lewat makanan yang telah terkontaminasi. Umumnya, penyakit ini sering ditemukan di negara-negara berkembang. 

Selesma dan Influenza

Penyakit yang sering terjadi di musim hujan kedua adalah selesma dan influenza. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan selesma. Penyakit ini umum disebut sebagai pilek.

Selesma disebabkan oleh rhinovirus dengan gejala demam ringan, hidung beringus, dan bersin-bersin. Bisa juga disertai nyeri kepala dan batuk. 

Influenza juga memiliki gejala yang hampir sama. Gejala influenza yaitu demam, nyeri tenggorokan, nyeri kepala, nyeri otot, beringus, batuk, mata merah, serta denyut nadi meningkat. 

Demam berdarah dengue

Penyakit yang sering terjadi di musim hujan ketiga adalah demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit menular musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Demam berdarah disebut sebagai penyakit “break-bone” karena terkadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang serasa retak. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Cara Efektif Mencegah Paru-Paru Basah

Kolera

Penyakit yang sering terjadi di musim hujan selanjutnya adalah kolera. Kolera merupakan infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholera.

Penyakit ini memiliki gejala utama diare cair dalam jumlah yang sangat banyak. Kolera bisa berbahaya jika sampai menyebabkan dehidrasi. 

Diare

Penyakit yang sering terjadi di musim hujan terakhir adalah diare. Meski terkesan sederhana, diare bisa mengakibatkan dehidrasi sampai kematian bila tak diatasi dengan baik. 

Saat musim hujan, umumnya diare diakibatkan oleh kualitas kebersihan yang menurun. Kuman penyebab diare bermacam-macam, mulai dari virus, bakteri, hingga jamur.

Musim hujan erat kaitannya dengan peningkatan angka kasus diare. Maka dari itu, jangan lupa tingkatkan higienitas selama musim hujan. 

Itulah beberapa penyakit yang sering terjadi di musim hujan dan harus diwaspadai. Rajinlah cuci tangan, konsumsi makanan bergizi, dan menjaga kebersihan rumah serta lingkungan demi menjaga kesehatan di musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News