HOME, Bugar

Waspada! Ini 5 Makanan Penyebab Gagal Ginjal

Waspada! Ini 5 Makanan Penyebab Gagal Ginjal

MOMSMONEY.ID - Gagal ginjal yaitu suatu kondisi ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk menyaring zat buangan dari darah dengan baik.

Akibatnya, akan terjadi penumpukan limbah dalam darah yang dapat menimbulkan komplikasi berbahaya bagi tubuh, dilansir dari Mayo Clinic. 

Gagal ginjal dapat dipicu oleh banyak hal. Termasuk kondisi medis seperti diabetes dan hipertensi. Namun, pada beberapa kasus, penyakit ini juga bisa disebabkan pola hidup tidak sehat, tak terkecuali pola makan.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Daun Pepaya, Salah Satunya : Menurunkan Gula Darah

Meski tidak bisa disebut sebagai pemicu utama, Dirangkum dari Health Focus dan Mayo Clinic, berikut ini beberapa makanan penyebab gagal ginjal lebih rentan terjadi, yang perlu dihindari:

1. Makanan tinggi garam

Asupan garam dalam jumlah tinggi dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Misalnya hipertensi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal, dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

2. Makanan tinggi gula

Alasan gula menjadi penyebab gagal ginjal adalah karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu diabetes. Seperti diketahui, diabetes merupakan salah satu faktor risiko gagal ginjal. 

3. Makanan tinggi fosfor

Mineral fosfor dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Menurut jurnal Advances in Chronic Kidney Disease, makanan olahan memiliki kandungan zat aditif fosfor dalam jumlah tinggi yang berisiko bagi penderita gangguan ginjal.

4. Makanan tinggi protein

Protein bermanfaat membantu membangun kekuatan otot dan tulang, serta melawan penyakit dan memperbaiki jaringan yang rusak. Untuk mencukupi kebutuhan harian, orang dewasa membutuhkan sekitar 60 – 65 gram protein, dilansir dari National Kidney Foundation.

Baca Juga: Inilah Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

Makanan tinggi protein sering dikaitkan sebagai penyebab gagal ginjal. Hal ini karena limbah metabolisme protein dalam jumlah besar bisa membuat ginjal bekerja lebih keras, sehingga lebih cepat menurunkan fungsi dan kerja ginjal.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko gagal ginjal. Selain menghindari makanan penyebab gagal ginjal, berikut ini beberapa tips lainnya:

1. Rutin berolahraga

2. Kelola stres dengan baik, dengan meditasi, yoga, atau tai chi

3. Miliki pola makan sehat dan bergizi seimbang

4. Hindari kebiasaan merokok

5. Minum air putih dalam jumlah yang cukup

6. Jaga berat badan ideal

7. Tidur yang cukup selama 7-8 jam setiap hari

Jalani pengobatan yang diperlukan dan rutin lakukan pemeriksaan kesehatan. Sebab, berbagai kondisi tersebut bisa memicu gagal ginjal jika tidak terkontrol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News