Bugar

Waspada! Ini 5 Gejala DBD yang Harus Diketahui

Waspada! Ini 5 Gejala DBD yang Harus Diketahui

MOMSMONEY.ID - Gejala DBD sangat mirip dengan flu biasa membuat demam berdarah sering dianggap sepele dan tidak segera ditangani.

Padahal, dampak yang bisa ditimbulkan tanpa adanya penanganan sangat berbahaya. Oleh karena itu, gejala dbd sangat penting untuk diketahui sehingga pengobatan bisa segera dilakukan.

Dikutip dari Mayo Clinic, penyebab terjadinya demam berdarah adalah karena virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk melalui aliran darah.

Maka dari itu, virus tidak bisa menyebar langsung dari orang ke orang. Demam berdarah bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius pada orang dewasa maupun anak.

Baca Juga: Agar Tubuh Tetap Fit, Ini 5 Makanan untuk Detoks Tubuh secara Alami

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah gejala DBD yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Sakit kepala

Gejala DBD yang perlu Anda ketahui pertama adalah sakit kepala. Beberapa jam setelah mengalami demam, gejala berikutnya adalah sakit kepala parah yang terjadi di sekitar dahi.

Sakit kepala parah juga disertai dengan rasa nyeri pada bagian belakang mata. Mungkin dengan mengonsumsi beberapa obat sakit kepala dapat membantu meredakannya. 

Demam tinggi yang terjadi secara mendadak

Gejala DBD yang perlu Anda ketahui kedua adalah demam tinggi yang terjadi secara mendadak. Demam memang menjadi gejala pada hampir semua masalah kesehatan.

Perbedaan lainnya adalah demam pada DBD bisa mencapai 40 derajat Celsius, dan tidak diikuti dengan gejala lainnya, seperti pilek, hidung tersumbat, atau batuk. 

Otot terasa nyeri

Gejala DBD yang perlu Anda ketahui ketiga adalah otot terasa nyeri. Pengidap DBD akan merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, misalnya otot, tulang, sendi, dan belakang mata.

Biasanya, gejala ini akan diikuti dengan tubuh yang berkeringat dan menggigil. Nyeri otot juga terjadi bersama dengan sakit kepala dan demam tinggi. 

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Cara Efektif Mencegah Penyakit Malaria

Mual dan muntah 

Gejala DBD lainnya yang bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa adalah mual dan muntah.

Gangguan ini juga termasuk dalam masalah pencernaan yang turut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut atau punggung.

Masalah ini dapat terjadi selama dua hingga empat hari setelah paparan virus masuk dan menyerang di tubuh.

Munculnya ruam merah

Gejala DBD yang perlu Anda ketahui terakhir adalah munculnya ruam merah. Ruam merah merupakan gejala DBD yang paling khas.

Ruam pada DBD biasanya berwarna kemerahan yang muncul di wajah, dada, tangan dan kaki. Gejala DBD ini biasanya dimulai pada hari ketiga dan berlangsung selama 2–3 hari.

Itulah penjelasan mengenai gejala-gejala DBD yang perlu diwaspadai. Guna mencegah masalah kesehatan berbahaya ini, selalu pastikan Anda menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News