HOME, Bugar

Waspada, Deretan Penyakit Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Junkfood

Waspada, Deretan Penyakit Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Junkfood

MOMSMONEY.ID - Junk food merupakan penemuan terbaik bagi mereka yang mencari kenyamanan dan kecepatan dalam memilih makanan. Namun, makanan cepat saji ini juga merupakan penyebab masalah kesehatan yang semakin meningkat beberapa waktu belakangan. 

Makanan-makanan ini dapat memberikan dampak serius terhadap kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan rutin.

Di samping itu, makanan semacam burger, pizza, kue-kue, dan lainnya juga biasa menggunakan bahan seperti gula, minyak, sirup fruktosa, tepung putih, pemanis buatan, lemak trans, hingga monosodium glutamate (MSG).

Berikut ini beberapa bahaya mematikan akibat sering mengonsumsi junk food.

Baca Juga: Waspada! Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Kulit Ayam

1. Kolesterol tinggi

Di dalam junk food sendiri memiliki nilai gizi yang rendah. Bahkan tidak ada sama sekali. Kebanyakan junk food mengandung kalori cukup tinggi.

Hal ini yang menyebabkan kolesterol meningkat. Pastinya kolesterol tinggi akan sangat berdampak pada kesehatan tubuh.

2. Penyakit jantung

Junk food memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi. Hal ini juga yang membuat kolesterol di dalam tubuh meningkat. Selain itu, makanan cepat saji juga menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Lemak jahat yang menumpuk di dalam tubuh akan sangat mempengaruhi kerja jantung. Selain itu, lemak yang menumpuk akan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Maka dari itu, resiko serangan jantung pun juga akan meningkat.

3. Kerusakan hati 

Penelitian menunjukan mengonsumsi junk food tanpa berolahraga sama halnya dengan orang mengonsumsi alkohol. Hal ini pula yang menyebabkan jaringan parut dalam hati. Sehingga, hati tidak bekerja secara baik dan optimal.

Baca Juga: 5 Penyebab Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui

4. Diabetes

Siapa bilang diabetes terjadi karena mengonsumsi makanan manis saja. Banyak faktor penyebab diabetes terjadi. Salah satunya adalah gaya hidup tidak sehat, yakni mengonsumsi makanan cepat saji terlalu sering.

Junk food sangat mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh yang tidak baik akan menyebabkan nutrisi makanan tidak terserap dengan baik.

Selain itu, insulin juga tidak bekerja dengan sempurna. Padahal insulin sangat dibutuhkan tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi.

5. Obesitas 

Bahaya junk food yang paling mudah dideteksi adalah obesitas alias berat badan di atas normal. Faktanya, junk food memiliki kalori yang tinggi sekalipun pada porsi untuk anak-anak.

Makanan cepat saji juga sangat rendah serat, tinggi gula, dan garam. Kombinasi ini membuat tubuh tidak cepat merasa kenyang sehingga ingin makan lebih banyak lagi. Cepat atau lambat, kondisi ini bisa berujung pada obesitas.

Imbangi dengan gaya hidup dan pola makan bergizi seimbang serta olahraga secara rutin, agar Anda tidak sampai mengalami bahaya makan junk food bagi kesehatan. 

Selanjutnya: Mengenal Berbagai Manfaat Asam Jawa untuk Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News