Santai

Waspada Cuaca Ekstrem Selama Periode Nataru Di Provinsi Banten & Jawa Barat

Waspada Cuaca Ekstrem Selama Periode Nataru Di Provinsi Banten & Jawa Barat

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, selama sepekan ke depan atau periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), cuaca ekstrem menyelimuti Provinsi Banten dan Jawa Barat dengan curah hujan tinggi. 

Peningkatan curah hujan di wilayah Banten dan Jawa Barat selama 21-23 Desember 2022 berada pada level Potensi Siaga. Sementara pada 25 Desember 2022- 1 Januari 2023, ada potensi hujan lebat hingga sangat lebat di Provinsi Banten dan Jawa Barat. 

Dengan prakiraan cuaca ekstrem BMKG selama sepekan ke depan di periode Nataru, Moms perlu memperhatikan jadwal penerbangan juga. Pasalnya, BMKG mengatakan, ada potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus di wilayah udara Indonesia yang berkaitan dengan jalur penerbangan. 

Baca Juga: Ada yang Beraroma Buah, Ini Dia 7 Jenis Sambal Unik yang Ada di Berbagai Negara

Pertumbuhan awan Cumulonimbus tersebut memiliki persentasi cakupan spasial lebih dari 75% (FRQ/Frequent). Awan Cumulonimbus adalah awan yang terkait dengan keberadaan badai petir dan hujan lebat. 

Melansir Kompas, awan Cumulonimbus sering menjadi salah satu penyebab pesawat kecelakaan. Misalnya, penyebab jatuhnya Sriwijaya Air JT 182 diprediksi terkait dengan keberadaan awan ini. 

Prakiraan cuaca dari BMKG juga membuat Moms perlu waspada dengan potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Banten dan Jawa Barat. Diprediksi mulai 23-27 Desember 2022 ada gelombang kategori tinggi 4-6 meter di Samudra Hindia selatan Banten dan Samudra Hindia selatan Jawa Barat. 

Baca Juga: Berapa Kali Argentina Menang Jadi Juara Piala Dunia? Ini Jawabannya

Dengan prakiraan cuaca ekstrem, Moms perlu waspada jika memiliki rencana menggunakan transportasi angkutan penyeberangan. Jika di rumah ada ranting pohon yang rapuh, juga sebaiknya perlu dipangkas. 

Anda juga bisa melakukan pengawasan perkiraan cuaca ekstrem melalui beberapa kanal milik BMKG. Bisa melalui situs resmi BMKG untuk prakiraan cuaca hingga level kecamatan, akun media sosial @infobmkg, aplikasi BMKG, Call Center 196, atau dapat menghubungi kantor BMKG terdekat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News