Keluarga

Waspada! BMKG Prediksi Ada Paparan Sinar UV Berbahaya Hari Ini

Waspada! BMKG Prediksi Ada Paparan Sinar UV Berbahaya Hari Ini

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi atau BMKG memprediksi wilayah Indonesia akan mengalami paparan sinar UV berbahaya pada hari ini, Selasa, 25 April 2023. 

Prediksi ini BMKG informasikan melalui akun instagram resmi mereka. Dalam unggahannya, BMKG menampilkan Indeks Ultraviolet Sinar Matahari. Dalam indeks tersebut, wilayah Indonesia akan mengalami paparan sinar UV berbahaya mulai pukul 08.00 WIB. 

Wilayah pertama yang akan terkena paparan sinar UV adalah sebagian wilayah Papua. Kemudian pada pukul 09.00 WIB, paparan sinar UV berbahaya ini akan bergerak ke sebagian besar wilayah Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan sebagian kecil Kalimantan. 

Baca Juga: 6 Judul Serial Terbaru Netflix Akan Tayang Minggu Ini, Catat Jadwalnya

Paparan sinar UV berbahaya ini kemudian akan menyebar ke sebagian wilayah Jawa, seluruh wilayah Kalimantan, Bali dan NTT pada pukul 10.00 WIB. Berlanjut pada pukul 11.00 WIB, paparan sinar UV berbahaya akan menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. 

Paparan sinar UV berbahaya ini akan berada pada indeks sangat tinggi dan ekstrem. Beberapa wilayah Indonesia bahkan akan mengalami paparan sinar UV dengan level risiko ekstrem. 

Berikut jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko ekstrem di Indonesia padahari ini, Selasa, 25 April 2023:

  • 09.00 WIB: sebagian wilayah Papua
  • 10.00 WIB: sebagian wilayah Papua, Sulawesi dan Maluku.
  • 11.00 WIB: sebagian kecil wilayah Papua, hampir seluruh wilayah Maluku & Sulawesi, sebagian kecil wilayah Kalimantan dan Nusa Tenggara
  • 12.00 WIB: sebagian kecil wilayah Kalimantan

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Parfum Agar Tetap Wangi dan Tahan Lama

Selasa, 25 April 2023 besok, sinar UV berbahaya di Indonesia berada pada indeks 8 hingga 11. Level ekstrem yang berada di beberapa wilayah di atas berarti menandakan berada pada indeks 11 atau lebih. 

Sinar UV dengan indeks 8 hingga 10 menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi. Bagi orang yang terpapar Matahari tanpa pelindung, diperlukan tindakan pencegahan ekstra karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dengan cepat. 

Sedangkan sinar UV berbahaya dengan indeks 11 atau lebih memiliki risiko berbahaya sangat ekstem. Bagi orang yang terpapar Matahari tanpa pelindung, diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News