CLOSE [X]
ads

Waspada! 5 Penyakit Autoimun yang Rentan Menyerang Perempuan

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 07 November 2021 | 15:25 WIB
Waspada! 5 Penyakit Autoimun yang Rentan Menyerang Perempuan


MOMSMONEY.ID - Penyakit autoimun merupakan penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ dan jaringan sehat dalam tubuh.

Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan organ menjadi abnormal, sehingga berujung pada perubahan fungsi organ dalam jangka panjang, dikutip dari Mayo Clinic.

Berikut ini sejumlah penyakit autoimun yang rentan menyerang perempuan, antara lain.

1. Depresi

Penyakit yang sering menyerang wanita selanjutnya adalah depresi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, di Amerika Serikat, wanita memiliki risiko dua kali lebih tinggi untuk mengalami depresi ketimbang pria. 

Uniknya, hal ini dipicu oleh perbedaan fisiologis antara tubuh wanita dan pria, yaitu terkait perubahan hormon yang terjadi setiap bulan, usai melahirkan, serta sebelum dan selama masa menopause. 

Baca Juga: 12 Jenis Gangguan Jiwa yang Perlu Anda Ketahui

2. Penyakit hashimoto

Penyakit hashimoto terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid. Penyakit autoimun pada wanita yang satu ini akan ditandai dengan gejala utama berupa pembengkakan di depan tenggorokan seperti gondok. 

Selain itu, gejala yang tampak meliputi kelelahan, penambahan berat badan, depresi, ketidakseimbangan hormon, nyeri otot atau sendi, kulit dan kuku kering, rambut rontok berlebihan, sembelit, serta suara serak.  

3. Infeksi saluran kemih

Perbedaan anatomi tubuh wanita dan pria merupakan salah satu alasan mengapa ada beberapa penyakit yang lebih sering menyerang wanita, seperti infeksi saluran kemih, misalnya. 

Letak saluran kencing wanita dekat dengan vagina dan rektum. Itulah sebabnya, wanita berisiko lebih tinggi untuk terkena infeksi saluran kemih, dibanding pria.  

4. Gangguan makan

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menjelaskan akar penyebab dari anoreksia, bulimia, dan gangguan makan lainnya. 

Gangguan ini diduga terjadi karena kombinasi dari faktor tubuh dan lingkungan sosial yang umumnya lebih banyak memengaruhi wanita dibandingkan pria. 

Selain itu, faktor kondisi psikologis dan masalah dengan bentuk tubuh merupakan beberapa pemicu lain yang dialami oleh kaum hawa. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

5. Multiple Sclerosis (MS)

Multiple sclerosi atau sklerosis ganda merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan sistem imun menyerang lapisan pelindung di sekitar saraf.

Hal tersebut akan menyebabkan kerusakan yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang. Intensitas gejalanya akan tergantung pada lokasi dan tingkat serangan penyakit.  

Gejala akan ditandai dengan kebutaan, otot menegang, lemah, mati rasa pada kaki dan tangan, kesemutan, kelumpuhan, sulit bicara, serta kehilangan koordinasi gerak tubuh secara perlahan.

Itulah 5 penyakit yang lebih sering menyerang wanita ketimbang pria. Selalu terapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur, memiliki pola makan sehat, istirahat yang cukup, dan periksakan kesehatan secara rutin. 

Selanjutnya: 5 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru