HOME, Bugar

Wasapada! 5 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

Wasapada! 5 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

MOMSMONEY.ID - Berkeringat adalah kondisi yang umum terjadi sebagai bentuk mekanisme alami tubuh untuk mendinginkan diri.

Namun, berbeda dengan keringat biasa, keringat dingin bukan disebabkan oleh cuaca panas atau aktivitas fisik, melainkan faktor psikis seperti panik, stres, dan tegang, dilansir dari Healthline.

Selain itu, keringat dingin juga menandai adanya penyakit tertentu sehingga penanganan oleh dokter perlu dilakukan. 

Baca Juga: Ternyata Kemiri Memiliki Kandungan Nutrisi yang Luar Biasa, Ini 5 Manfaatnya

Ada beberapa kondisi berbahaya yang bisa ditandai dengan keringat dingin, di antaranya sebagai berikut: 

1. Hipotensi 

Hipotensi juga bisa ditandai dengan keringat dingin. Hipotensi alias tekanan darah tinggi sebenarnya biasa terjadi, tapi kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele.

Hal ini bisa menyebabkan otak dan organ lain tidak mendapat cukup banyak oksigen.  

2. Mual 

Mual sendiri adalah perasaan yang membuat Moms merasa ingin muntah. Namun tidak semua mual bisa membuat kita muntah. Kondisi mual bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Seperti makan terlalu banyak atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Dilansir dari sebuah studi yang berjudul Nausea: A Review of Pathophysiology and Therapeutics, rasa mual juga bisa menyebabkan keringat dan keringat dingin.

3. Stres atau merasa cemas 

Keringat dingin sendiri bisa disebabkan stres dan rasa cemas. Stres dan rasa cemas bisa terjadi pada siapa dan kapan saja.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul The Diagnosis and Treatment of Anxiety Disorders dijelaskan bahwa kecemasan atau rasa cemas sebenarnya adalah emosi dasar yang normal dan diperlukan.

Tanpa ada rasa ingin, kelangsungan hidup individu tidak mungkin bisa berjalan dengan normal. Kecemasan yang meningkat secara patologis sendiri bisa muncul tak hanya pada gangguan kecemasan saja, namun juga sebagian penyakit mental lainnya.

Baca Juga: Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

4. Infeksi 

Keringat dingin juga bisa muncul sebagai tanda bahwa ada infeksi terjadi pada tubuh. Selain keringat dingin, infeksi juga bisa menyebabkan muncul gejala demam. 

5. Serangan jantung

Segera cari pertolongan medis jika mengalami keringat dingin yang disertai dengan gejala penyakit jantung.

Gejala yang harus diwaspadai adalah sesak nyeri dada, nyeri atau rasa tidak nyaman di leher, rahang, perut dan punggung, serta pusing dan perasaan seperti akan pingsan. 

Penanganan keringat dingin disesuaikan dengan penyebabnya. Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa keringat dingin bukanlah kondisi yang bisa dianggap sepele, apalagi bila disertai dengan gejala-gejala di atas.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter bila Anda mengalami keringat dingin, agar penyebabnya dapat diketahui dan ditangani dengan tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News