HOME, Keluarga

Warna Kuku Dapat Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda, Kuku Kuning Artinya Apa?

Warna Kuku Dapat Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda, Kuku Kuning Artinya Apa?

MOMSMONEY.ID - Kuku menjadi salah satu bagian tubuh yang tidak luput dari perhatian banyak orang. Bahkan, banyak orang rela mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan manicure di salon guna mempercantik penampilan kuku mereka.

Namun, tahukah Anda bahwa penampilan asli kuku baik bentuk maupun warnanya ternyata dapat mengungkapkan petunjuk tentang kondisi kesehatan Anda?

Jika selama ini abai terhadap kuku Anda, baiknya Anda simak penjelasan di bawah ini untuk mencari tahu apakah penampilan kuku Anda termasuk normal atau justru menyimpan berbagai misteri yang tidak Anda sadari selama ini.

Baca Juga: Selain Menjadi Sumber Energi, Manfaat Jagung Bisa Menyehatkan Mata

1. Kuku pucat

Coba lihat kuku Anda, apakah warnanya cerah atau justru pucat? Kabar baik untuk Anda apabila kuku Anda memiliki warna cerah.

Sebaliknya, kuku berwarna pucat perlu Anda waspadai karena terkadang warna kuku yang demikian menjadi tanda dari adanya penyakit serius seperti anemia, gagal jantung kongestif, penyakit hati, dan malnutrisi.

2. Kuku putih

Kuku yang didominasi dengan warna putih dan bagian tepi berwarna lebih gelap dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan hati seperti hepatitis.

Tanda lain dari permasalahan hati selain kuku yang sebagian besar berwarna putih ialah jari-jari tangan yang cenderung berwarna kuning.

3. Kuku kuning

Kuku kuning

Salah satu penyebab paling umum dari kuku yang berwarna kuning adalah infeksi jamur. Ketika infeksi memburuk, dasar kuku bisa tertarik dan kuku pun bisa menebal lantas hancur.

Meski jarang terjadi, namun kuku kuning dapat menjadi tanda adanya kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit tiroid akut, penyakit paru-paru, diabetes, atau psoriasis.

4. Kuku kebiruan

Kuku kebiruan

Kuku dengan warna kebiruan bisa berarti bahwa tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Warna kuku kebiruan dapat mengindikasikan adanya masalah paru-paru seperti emfisema. Selain itu, kuku yang kebiruan juga dikaitkan dengan beberapa masalah jantung.

5. Kuku bergelombang

Permukaan kuku yang bergelombang atau berlubang kemungkinan merupakan tanda awal dari adanya penyakit psoriasis atau radang sendi.

Biasanya, penampakan kuku yang seperti ini disertai juga dengan discoloration atau perubahan warna kuku dan warna kulit di bawah kuku tampak cokelat kemerahan.

6. Kuku retak atau terbelah

Kuku kering dan rapuh yang sering retak atau terbelah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid.

Adapun kuku retak atau terbelah yang dikombinasikan dengan rona kekuningan kemungkinan besar terjadi akibat infeksi jamur.

7. Lipatan kuku bengkak

Lipatan kuku bengkak

Kulit di sekitar kuku yang tampak merah dan bengkak dikenal sebagai peradangan lipatan kuku. Kondisi ini kemungkinan terjadi akibat lupus atau gangguan jaringan ikat lainnya.

Selain itu, kemerahan dan peradangan pada lipatan kuku juga dapat disebabkan oleh infeksi.

8. Garis gelap di kuku

Garis gelap di kuku

Garis-garis gelap di kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Pasalnya, kondisi yang demikian terkadang disebabkan oleh adanya melanoma.

Melanoma sendiri merupakan jenis kanker kulit yang masuk kategori paling berbahaya.

9. Kuku tergigit

Menggigit kuku mungkin tidak lebih dari kebiasaan yang tidak menandakan apa-apa. Faktanya, dalam beberapa kasus menunjukkan bahwa kebiasaan menggigit kuku menjadi tanda adanya kecemasan terus-menerus yang sebenarnya dapat ditangani dengan melakukan perawatan khusus.

Menggigit kuku atau mencabut kuku juga dikaitkan dengan gangguan obsesif-kompulsif atau pikiran berlebihan (obsesi) yang menyebabkan perilaku repetitif (kompulsi). Gangguan ini ditandai dengan pikiran tak masuk akal dan ketakutan yang menyebabkan perilaku kompulsif.

Apabila Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku dan tidak bisa menghentikannya, sangat disarankan bagi Anda untuk segera menghubungi dokter.

Demikian 9 penampilan kuku yang ternyata memiliki keterkaitan dengan berbagai masalah kesehatan. Untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi pada Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter apabila kuku Anda tampak seperti salah satu kuku di atas ya. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Anak Anda Pemalu? Inilah 6 Cara yang Bisa Anda Terapkan untuk Mengatasinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News