AturUang

Waralaba Bisa Jadi Sumber Pendapatan Pasif

Waralaba Bisa Jadi Sumber Pendapatan Pasif

MOMSMONEY.ID -  Pendapatan pasif tak melulu datang dari investasi di pasar modal dan properti. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh pendapatan, tanpa Anda harus terjun langsung mengurusi usaha tersebut.

 Hal ini disampaikan  Melvin Mumpuni, perencana keuangan finansial. Menurutnya, untuk memperoleh passive income ada tiga hal yang bisa dimanfaatkan. Pertama, rental income, yakni pendapatan dari menyewakan apa pun. Kedua, royalty income, yakni pendapatan dari karya seni termasuk di antaranya hak cipta dari musik. Selain itu, ada pula  income dari waralaba.

"Ada pendapatan dari waralaba yang sudah jalan. Misalnya minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Sekarang ini juga banyak warung makan seperti warteg," kata Melvin. 

Baca Juga: Beragam Pilihan Pendapatan Pasif, Mulai Pasar Modal hingga Royalti. Pilih Mana?

Model waralaba ini, menurutnya, cocok bagi mereka yang sudah pensiun. Mereka tidak perlu mengurusi bisnisnya di usia yang seharusnya beristirahat dan cukup memantau dri rumah. Dari sana, mereka  memperoleh pendapatan yang nilainya cukup besar. 

Erlina Juwita, perencana keuangan OneShildt, juga sependapat. Waralaba bisa menjadi salah satu sumber passive income. Akan tetapi, Anda perlu jeli melihat seperti apa pengelolaannya. Untuk waralaba yang sudah punya nama seperti Indomaret atau Alfamart itu bisa dijajal walaupun modalnya juga tidak sedikit. 

Erliana memberi contoh Alfamart itu biasanya ada gerai baru atau take over. Nilainya  bisa dari Rp 500 jutaan untuk gerai baru, sementara take over itu bisa Rp 800 juta. 

"Take over lebih mahal karena sudah kelihatan pasarnya.  Kalau gerai baru, kan harus buka jalan dulu," kata Erlina. 

Hal ini juga berlaku untuk usaha lain, misalnya, warteg.  Erlina bilang, ketika warteg tersebut sudah punya langganan, maka saat membeli warteg, tak perlu repot lagi memikirkakn pasarnya seperti apa. Akan berbeda jika Anda harus membuat warteg sendiri. Paling tidak, Anda  harus membangun sistem sendiri, mencari pasarnya sepeti apa, dan bahkan masak  jadi tanggungjawab pribadi.

Nah, sekarang ini  ada waralaba yang bisa dibeli secara crowdfunding.

Erlina memberi contoh  Landx. Di dalamnya ada beberapa pilihan pendanaan pada waralaba yang bisa dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan pendapatan pasif. Modalnya pun lebih aman di kantong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News