HOME, BisnisYuk

Wanita, Sosok Pebisnis yang Bermental Baja

Wanita, Sosok Pebisnis yang Bermental Baja

MOMSMONEY.ID -Jangan pernah meremehkan kaum perempuan. Tidak terkecuali dalam urusan bisnis.

Meski kerap diidentikan sebagai kaum yang rapuh, perempuan memiliki kemampuan tinggi bersaing dengan kaum pria di dunia bisnis. Faktanya, saat ini banyak wanita di Tanah Air yang sukses berbisnis. 

Di kalangan pengusaha ada nama-nama beken yang popular di negeri ini. Sebut saja Pia Alisjahbana, Poppy Dharsono (garmen), Moeryati Soedibyo (kosmetik), Hartati Murdaya (sepatu), Okky Asokawaty (modelling), Soeharti (restoran), Dewi Motik (multiusaha), Naomi Susilowati Setiono (batik), dan nama-nama beken lainnya. 

Kesuksesan kaum perempuan dalam berbisnis jelas tidak bisa dipisahkan dari keunggulan yang mereka miliki. Mengutip dari berbagai nara sumber, berikut keungggulan wanita dalam berbisnis seperti dirangkum MomsMoney:

1. Luwes dan multitasking

Perempuan memiliki sejumlah keunggulan karakter dibandingkan pria. Di antaranya, wanita lebih luwes dan multi-tasking, menjalankan banyak peran.

Sejak dilahirkan, perempuan sudah dikaruniai oleh sang Pencipta dengan perasaan lembut dan bentuk fisik yang indah. Hal ini menjadi penopang keluwesan wanita dalam berinteraksi di dunia bisnis. 

Baca Juga: Bingung Mau Jualan Online atau Buka Toko, Simak Tips Berikut Ini

Wanita berpenampilan menarik, cantik, dan sopan santun, jelas bisa mempesona klien sehingga mau menjadi mitra bisnis. Dibandingkan dengan pria, wanita juga lebih mengutamakan perasaan daripada logika. Sisi positifnya, mereka menjadi lebih berhati-hati dalam berbisnis. 

Mereka mengatur segala urusan bisnis secara lebih mendetail. Contohnya, dalam pembukuan keuangan usaha, pemasaran produk, dan pengembangan manajemen sumber daya manusia (SDM), perempuan lebih tekun dan telaten. 

2. Manajer keuangan andal

Perempuan juga merupakan manajer keuangan yang cukup andal. 

Dalam urusan keuangan dan investasi, mereka cenderung lebih berhati-hati dibandingkan pria. Memang, mungkin mereka tidak akan mudah dan cepat mengambil keputusan. Namun, sikap ini bisa menghindarkan mereka dari keputusan yang merugikan bisnis. 

Langkah itu dilakukan, karena perempuan cenderung ingin hidup lebih nyaman. Wanita ingin menghindari hidup sengsara. 

Tak mengherankan, muncul istilah "cewek matre" yang kerap diungkapkan kaum lelaki untuk menilai salah satu karakter wanita tersebut. 

Baca Juga: Sukses Menjadi Crazy Rich Malang Berkat Nasihat Ayah

Namun, sifat yang kerap dijadikan bahan ledekan miring itu justru kerap membuahkan hasil positif saat si perempuan menjalankan bisnis. Bisnisnya bisa berhasil sehingga bisa membantu keuangan keluarga. Bahkan, tak sedikit malah yang menjadi pendapatan utama keluarga. 

Kunci suksesnya adalah terus mengasah ilmu dan kemampuan. Kedua faktor ini bisa dia dapat melalui pendidikan formal dan nonformal. Wawasan juga harus luas. Bisnis tidak akan bisa berkembang jika skill dan wawasan terbatas. 

3. Jujur, konsisten dan tepat waktu

Meski aktif berbisnis, bukan berarti wanita tak pandai membagi peran sebagai pengusaha sekaligus ibu rumahtangga. Di sini justru letak keunggulan wanita dibandingkan pria. Dalam berbisnis wanita cenderung lebih jujur, konsisten, dan tepat waktu. 

Semua ini merupakan konsekuensi dari karakter wanita yang terbiasa menjalankan peran maksimal di dalam bisnis dan keluarga. Jangan heran, di balik kelemahan fisiknya, wanita diyakini lebih tahan banting dalam menjalankan usaha dibandingkan pria. 

Baca Juga: Jatuh Bangun Lia Merintis Usaha Baju Muslimah

Lazimnya, pria yang mengalami kebangkrutan usaha, mudah putus asa dan tidak cepat bangkit dari keterpurukan. Hal ini, lantaran kepedulian pria terhadap keluarga kurang.

Siapapun paham, ibu lebih dekat dengan anak, sehingga ketika jatuh dalam bisnis, dia akan cepat bangkit karena memikirkan masa depan si anak. Sedangkan lelaki lebih mengutamakan harga diri ketimbang anak. 

4. Percaya diri

Percaya diri merupakan salah satu kunci kesuksesan wanita dalam berbisnis. Dengan begitu, wanita bisa lebih proaktif dalam bisnisnya.

Dengan bersikap proaktif, peluang untuk memperbesar bisnis akan terbuka. Namun, tetap tidak meninggalkan sopan santun dan tetap menjaga martabatnya sebagai seorang perempuan. 

Kunci sukses wanita berbisnis juga terletak pada minatnya terhadap membaca berbagai literatur buku atau media massa. Jika wanita suka membaca, maka ide-ide akan muncul dan akan membentuk sebuah keberanian untuk memulai sesuatu.

Hal penting lain yang harus dilakukan wanita dalam bisnis adalah memiliki tujuan jelas dan terencana. Sebab, tanpa tujuan, maka bisnis akan sulit berkembang. 

Baca Juga: Adu Strategi Produsen Kosmetik Lewat Kolaborasi

Bisnis bukan untuk sekadar memperkaya diri, tapi untuk membuka lapangan pekerjaan. Patut diingat, sebuah bisnis tidak bisa berjalan sendiri. Karena itu, jaringan bisnis diperlukan untuk memperlancar penjualan, pembelian barang produksi, dan pengembangan usaha. 

Dalam mengembangkan jaringan, komunikasi bukan hanya dilakukan dengan mitra, tapi juga kompetitor usaha. Strategi itu bertujuan untuk saling tukar informasi dengan kompetitor berkaitan dengan persoalan bisnis yang dijalankan. 

Agar usaha lebih maju, jangan memusuhi kompetitor. Selain itu, selalu menggali ide dan inovasi yang berkaitan dengan bisnis.

Selanjutnya: Tertarik Membuka Usaha Food Court? Simak Dulu Tips ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News