HOME, Bugar

Waktunya Liburan! Ketahui Cara Merawat Rambut Kering Saat di Pantai

Waktunya Liburan! Ketahui Cara Merawat Rambut Kering Saat di Pantai

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya kesehatan kulit, rambut juga butuh perlindungan saat Anda berlibur ke pantai. Kandungan garam di air laut, keringat, dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan rambut Anda menjadi kering.

Tentunya, Anda ingin selalu tampil cantik dan berkilau. Namun jangan terlalu khawatir, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk menghindri rambut kering. Melansir dari loreal-paris.co.id, inilah cara merawat rambut kering saat berlibur ke pantai, yaitu:

1. Basahi rambut dengan air segar

Cara merawat rambut kering saat di pantai yaitu basahi rambut dengan air segar. Bila Anda tidak memiliki kondisioner tanpa bilas, bisa juga membasahi rambut denga air segar terlebih dahulu sebelum berenang untuk membantu mencegah rambut kering akibat paparan air laut.

Membasahi rambut dengan air segar sebelum berenang di laut dan di kolam renang dipercaya dapat membantu mengurangi penyerapan garam dan klorin oleh batang rambut yang dapat membuat rambut menjadi kering. Tentunya, Anda tidak ingin mengalami masalah rambut ini.

2. Gunakan kondisioner tanpa bilas

Anda perlu menggunakan kondisioner tanpa bilas saat ingin bermain di pantai. Kondisioner berperan untuk melembapkan rambut, rambut akan menyerap kondisioner tanpa bilas dan bertindak sebagai barrier (pelindung) di batang rambut. Cara ini berguna agar kondisioner mampu melindungi rambut dari air laut dan kekeringan rambut pun bisa dihindari.

Baca Juga: Perhatikan! Inilah 5 Kebiasan yang Menyebabkan Rambut Kering

pantai

3. Gunakan hair oil 

Bagi Anda pemilik rambut kering, produk hair oil merupakan produk perawatan rambut penting yang harus dibawa ke pantai. Anda bisa menjaga kelembapan rambut kering ini dengan menggunakan hair oil.

Meskipun perawatan rambut kering ini pun terbilang simpel, namun mengaplikasikan hair oil bisa menjadi salah satu pilihan sebagai cara merawat rambut kering. Cukup gunakan hair oil sebanyak 3-4 tetes lalu diusapkan dari pangkal hingga ujung rambut.

4. Gunakan sunscreen khusus rambut

Cara merawat rambut kering saat di pantai selanjutnya adalah menggunakan sunscreen khusus rambut. Kulit kepala juga membutuhkan perlidungan khusus agar terhidar dari paparan sinar matahari. Kulit kepala merupakan bagian tubuh yang paling mudah terbakar sinar matahari. 

Oleh karena itu, agar kulit kepala terlindungi dan rambut tidak kering, Anda bisa mengaplikasikan produk sunscreen. Kini, sunscreen khusus rambut sudah banyak beredar di pasaran. Kebanyakan sunscreen khusus rambut ini berbentuk spray sehingga sangat mudah diaplikasikan. 

5. Minum air putih yang cukup

Cara merawat rambut kering saat di pantai lainnya adalah minum air putih yang cukup. Kandungan garam di air laut, keringat dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan rambut menjadi kering. Minum air putih dapat melembabkan tubuh, khusunya rambut Anda. 

Konsumsi cairan yang cukup dapat menjadi cara yang sederhana agar rambut tidak kering. Dengan menghidrasi sel-sel tubuh, termasuk sel rambut, maka risiko kerusakan yang mungkin timbul pun akan kecil. Oleh karena itu, pastikan minum air putih yang cukup selama Anda berada di pantai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News