Bugar

Wajib Tahu! Simak 5 Penyebab Kerutan di Bawah Mata pada Remaja

Wajib Tahu! Simak 5 Penyebab Kerutan di Bawah Mata pada Remaja

MOMSMONEY.ID - Kerutan di bawah mata sering terjadi pada usia dewasa karena faktor usia. Namun, Anda perlu tahu beberapa penyebab kerutan di bawah mata pada remaja. Munculnya kerutan di bawah mata membuat penampilan Anda terlihat kusam dan tidak bersemangat. 

Hal ini tentu bisa mengganggu penampilan sehari-hari. Oleh karena itu, Anda harus mengubah kebiasaan berikut ini.

Melansir dari loreal-paris.co.id, berikut lima penyebab kerutan di bawah mata pada remaja, yaitu: 

1. Sering Menatap Layar Gadget

Penyebab pertama kerutan di bawah mata pada remaja adalah sering menatap layar gadget. Terlalu lama fokus menatap layar dapat membuat otot-otot mata menjadi tegang dan Lelah.

Blue light yang terpancar dari layar gadget juga secara bertahap akan merusak merusak jaringan kolagen di kulit wajah. Sehingga, inilah yang menjadi penyebab kerutan di bawah mata pada remaja sekaligus menjadi penyebab kantung mata hitam pada remaja. 

2. Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Penyebab kerutan di bawah mata selanjutnya adalah konsumsi makanan tidak sehat. Remaja bisa menghabiskan sebagian besar waktunya dalam sehari di luar rumah dan seringkali jajan apa saja saat lapar.

Jajanan ini umumnya mengandung lemak trans yang dapat menjadi salah satu penyebab kantung mata pada remaja. Apalagi jika ditambah dengan konsumsi fast food yang rendah gizinya yang akan memperparah kerutan di bagian bawah mata. 

Baca Juga: 4 Manfaat Green Caviar untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

3. Merokok

Kemudian, merokok juga bisa menjadi penyebab kerutan di bawah mata. Setelah sinar UV dari matahari, kandungan nikotin di dalam rokok merupakan musuh besar kulit karena dapat merusak berbagai jaringan di kulit dan menyebabkan penuaan diri.

Terpapar asap rokok pun dapat menjadi penyebab kerutan di bawah mata pada remaja karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah keriput. 

4. Stres

Penyebab kerutan di bawah mata berikutnya adalah stres. Stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi bisa pula terjadi pada anak-anak dan remaja.

Stres dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang salah satunya terlihat dari kondisi kulit wajah, termasuk kerutan di bawah mata. Banyak menangis saat stres juga dapat menjadi penyebab mata panda pada remaja.

5. Produksi Skincare dan Make up yang Tidak Cocok

Penyebab kerutan di bawah mata lainnya karena produksi skincare dan make up yang tidak cocok. Remaja bisa mencoba dan gonta-ganti produk skincare dan makeup, padahal tidak sesuai dengan jenis dan kondisi kulitnya.

Akibatnya, kulit menjadi kering, iritasi, sampai muncul masalah kulit seperti jerawat dan kerutan di bawah mata.

Itulah beberapa penyebab kerutan di bawah mata pada remaja yang harus Anda tahu. Rawat kesehatan kulit di bawah mata dengan cara makan makanan bergizi, menggunakan produk eye cream dan jangan terlalu sering melihat gadget. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News