Bugar

Wajib Tahu! Pahami 5 Penyebab Rambut Menipis di Usia Muda

Wajib Tahu! Pahami 5 Penyebab Rambut Menipis di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai penyebab rambut menipis di usia muda yang bisa terjadi. Lama-kelamaan, rambut yang menipis membuat seseorang menjadi khawatir apalagi di usia muda.

Kondisi rambut yang menipis tidak menyebabkan kebotakan. Namun, tampilan rambut akan terlihat jarang dan kulit kepala lebih tampak jelas.

Oleh karena itu, mulai cari tahu kemungkinan penyebab yang bisa terjadi pada Anda. Mengutip dari cnfstore.com, berikut penyebab rambut menipis di usia muda, yaitu:

1. Faktor Genetik

Penyebab pertama rambut menipis di usia muda adalah faktor genetik. Jika anggota keluarga Anda ada yang mengalami kerontokan rambut yang cukup parah, kemungkinan Anda juga bisa mengalaminya.

Hal ini disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan yang mampu mempengaruhi laju pertumbuhan dan penipisan rambut.

2. Kekurangan Vitamin D

Penyebab rambut menipis selanjutnya adalah kekurangan vitamin D. Tubuh memerlukan asupan vitamin D untuk menstimulasi folikel-folikel rambut.

Saat tubuh kekurangan asupan vitamin S, maka folikel rambut kesulitan memproduksi rambut-rambut baru yang akan menggantikan rambut rontok.

Oleh karena itu, jangan biarkan tubuh kekurangan vitamin D jika tidak ingin mengalami rambut yang menipis.

Baca Juga: Promo Tiket.com Hotel di Indonesia Barat sampai 26 Oktober 2022, Diskon s.d 30%

3. Kekurangan Protein

Berikutnya, kekurangan protein juga menyebabkan rambut menipis di usia muda. Asupan protein sangat penting untuk membantu proses regenerasi sel-sel tubuh yang baru.

Jika tubuh kekurangan protein jenis keratin, makan rambut akan lebih mudah terlepas dari folikel rambut. Selain itu, pertumbuhan rambut akan menjadi terhambat.

Penuhi asupan protein Anda setiap hari agar terhindar dari masalah rambut rontok berlebihan.

4. Terlalu Sering Terkena Panas

Sering terkena paparan sinar matahari atau alat-alat penata rambut? Kedua sumber panas pada rambut tersebut memang bisa menyebabkan rambut rontok jika terpapar secara berlebihan dan terus-menerus.

Lebih teliti melindungi rambut dari sinar matahari dan penggunaan alat-alat penata rambut. Gunakan pelindung rambut seperti topi dan rutin menggunakan vitamin untuk mempertahankan kesehatan rambut.

5. Kebiasaan Menguncir Rambut

Terakhir, penyebab rambut menipis di usia muda terakhir adalah kebiasaan menguncir rambut. Saat akan memulai aktivitas seringkali rambut dikuncir agar lebih rapi dan memudahkan.

Namun ternyata kebiasaan menguncir bisa mengakibatkan rambut rontok jika Anda lakukan setiap hari dalam waktu lama. Kulit kepala akan menjadi tegang dan membuat rambut mudah terlepas dari folikelnya. 

Sekarang sudah tahu beberapa penyebab rambut menipis di usia muda. Jika sedang mengalami masalah rambut ini, mulai rawat rambut Anda dengan pemakaian produk perawatan rambut yang tepat dan konsumsi makanan sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News