Bugar

Wajib Tahu! Kenali 5 Jenis Sabun Mandi dan Ciri-cirinya Sebelum Dipakai

Wajib Tahu! Kenali 5 Jenis Sabun Mandi dan Ciri-cirinya Sebelum Dipakai

MOMSMONEY.ID - Jarang yang tahu, kenali beberapa jenis-jenis sabun mandi yang cocok dengan kondisi kulit tubuh. Sabun mandi adalah salah satu produk body care yang sering digunakan saat mandi.

Jika biasanya Anda menggunakan sabun mandi batangan dan cair, kini telah banyak jenis sabun mandi yang bisa Anda coba disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Supaya tidak keliru, berikut lima jenis sabun mandi dan ciri-cirinya sebelum dipakai dilansir dari thebodyshop.co.id, yaitu: 

1. Sabun mandi batangan 

Pertama, jenis sabun mandi batangan. Ciri utama dari sabun mandi batang terdapat pada bentuknya yang kotak atau bulat padat.

Sabun batangan memang dijual dengan harga yang sangat ekonomis, sabun mandi ini menjadi salah satu jenis sabun kegemaran banyak orang.

Awalnya, sabun mandi batangan terbuat dari bahan sodium hydroxide yang jika dipakai bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Namun, sekarang sudah ada sabun batang yang memiliki pelembap alami sehingga kulit tidak lagi kering.

Selain itu, Anda bisa menemukan sabun batangan dengan kandungan anti bakteri untuk membersihkan wajah hingga yang aman digunakan pada kulit bayi.

2. Sabun mandi cair

Jenis sabun mandi selanjutnya adalah berbentuk cair. Sabun mandi cair juga termasuk jenis sabun mandi populer oleh banyak orang. Sabun cair biasanya memiliki kandungan pelembap sehingga cocok untuk kulit kering.

Ada juga sabun cair yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati karena memiliki scrub di dalamnya. Kelebihan lainnya, sabun jenis ini juga lebih higienis dan tetap praktis, karena bisa Anda bawa saat bepergian.

Baca Juga: 6 Manfaat Es Batu untuk Wajah yang Wajib Dicoba

3. Sabun mandi gel

Berikutnya, jenis sabun mandi gel atau lebih dikenal dengan shower gel. Biasanya jenis sabun mandi ini memiliki aroma feminin dan lebih harum dari sabun cair sehingga Anda bisa manfaatkan aroma sabun mandi gel jika tidak ingin menggunakan minyak wangi tambahan.

Tekstur sabun mandi gel yang lebih kental dari sabun cair memang diformulasikan untuk memberikan kelembapan sehingga aman digunakan pada semua jenis kulit.

4. Sabun mandi krim

Mungkin tidak terlalu populer, jenis sabun mandi ini biasanya bebas deterjen dan diperkaya dengan pelembap. Jenis sabun ini disebut sabun mandi krim, saat Anda membilasnya sabun krim tidak akan meninggalkan rasa kesat pada kulit.

Sabun mandi krim umumnya cocok bagi pemilik kulit yang sangat kering, karena di dalamnya mengandung pelembap yang cukup tinggi.

5. Sabun mandi minyak

Jenis sabun mandi terakhir adalah sabun mandi minyak. Produk sabun mandi yang satu ini memiliki lebih banyak kandungan minyak sehingga memiliki tekstur yang lebih kental.

Dengan kadar pH yang netral, sabun mandi minyak jadi aman digunakan pada pemilik kulit sensitif, maupun kasar.

Sekarang Anda sudah tahu jenis-jenis sabun mandi dan ciri-cirinya sebelum dipakai. Gunakan jenis sabun mandi tepat sesuai kondisi kulit tubuh Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News