HOME, Bugar

Wajib Tahu! Inilah Sederet Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh

Wajib Tahu! Inilah Sederet Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Yoghurt adalah makanan hasil dari fermentasi susu dan terkenal dapat menyehatkan karena kandungan probiotik yang tinggi.  

Namun, kebanyakan orang tahu jika makanan ini hanya dapat menyehatkan sistem pencernaan dan bisa menjadi menu untuk Anda yang sedang diet. 

Padahal masih banyak manfaat lain yang bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi yogurt secara rutin dan dengan porsi yang tidak berlebihan.

Baca Juga: Bisa Coba di Rumah! Inilah 5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Mencegah osteoporosis

Manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mencegah osteoporosis. Konsumsi yogurt bisa mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium dan vitamin D.  

Kalsium dan vitamin D terbukti dapat meningkatkan massa tulang untuk semua orang tidak terpaku pada usia. Maka dari itu, pastikan Anda mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari. 

2. Meningkatkan sistem imunitas

Manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah meningkatkan sistem imunitas. Selain itu, kandungan probiotik dalam yogurt bisa meningkatkan resistensi dan pemulihan dari infeksi.

Hal ini dapat terjadi ketika probiotik mengubah mikroflora usus dan mengurangi respons sistem kekebalan tubuh yang dapat memperburuk penyakit. 

3. Pilihan baik saat diet

Manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah menjadi pilihan baik untuk menu diet. Yogurt dipercaya bisa menjadi camilan yang tepat di jam-jam tertentu saat diet.

Memang, telah terbukti jika makanan ini dapat membuat seseorang merasa kenyang dibandingkan camilan lainnya, serta mampu menyehatkan tubuh. 

Baca Juga: Jangan Khawatir! Ini 5 Tips Mengatasi Lapar Secara Efektif Saat Diet

4. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Yoghurt dapat membuat tekanan darah menjadi normal jika dikonsumsi secara rutin. 

Disebutkan jika penurunan risiko terkena darah tinggi mencapai 50 persen pada seseorang yang mengonsumsi 2–3 porsi susu rendah lemak dalam sehari. 

5. Mengatasi gejala masalah pencernaan

Manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh yang kelima adalah mengatasi gejala masalah pencernaan. Selain itu yogurt juga bisa melancarkan buang air besar karena kandungan probiotiknya.

Semua manfaat ini bisa Anda dapatkan cukup dengan mengonsumsi beberapa sendok makan yoghurt sebelum beraktivitas. 

Sekarang Anda telah tahu apa saja manfaat dari yoghurt untuk kesehatan tubuh. Jadi, ada baiknya Anda membiasakan diri untuk mengonsumsi yogurt secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News