HOME, Bugar

Wajib Tahu! Inilah Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

Wajib Tahu! Inilah Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

MOMSMONEY.ID - Banyak perempuan kerap mengalami ketidaknyamanan saat menstruasi, seperti keluhan kram, pegal-pegal, merasakan nyeri perut, dikutip dari Healthline. 

Dari ketidaknyamanan itu, banyak perempuan merasakan keinginan mengonsumsi makanan tertentu atau peningkatan nafsu makan menjelang periode menstruasinya.

Untuk meredakan keluhan itu perempuan memang harus mengontrol makanan. Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari menjelang menstruasi, yaitu makanan cepat saji.

Baca Juga: Konsumsi Bunga Chamomile untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

Selain makanan cepat saji, dilansir dari Women's Health berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat menstruasi, antara lain:

Makanan berlemak

Makanan yang harus dihindari saat menstruasi yang pertama adalah makanan berlemak. Hal ini menyebabkan kembung yang cukup mengganggu, terutama saat menstruasi.

Adapun makanan berlemak yang sebaiknya dihindari seperti daging berlemak, sosis, kue kering, keju, daging asap, dan makanan bersantan. 

Kafein

Makanan yang harus dihindari saat menstruasi yang kedua adalah kafein. Saat menstruasi, Anda disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Kafein dapat memicu perasaan gelisah, cemas dan sulit tidur atau insomnia. Semua ini dapat membuat mood menjadi buruk dan malah memicu perasaan ingin makan lebih banyak lagi. 

Baca Juga: Inilah Penyebab Wanita Lebih Sensitif Saat Menstruasi. Berikut Cara Mengatasinya!

Garam 

Makanan yang harus dihindari saat menstruasi yang ketiga adalah garam. Hindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi saat menjelang menstruasi.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala kembung dan berkumpulnya cairan di pembuluh darah. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati konsumsi garam berlebih. 

Misalnya, Anda bisa mengganti camilan kentang goreng dengan kentang panggang yang cenderung memiliki kadar garam yang lebih rendah. 

Alkohol

Makanan yang harus dihindari saat menstruasi yang keempat adalah alkohol. Sesuatu yang mengandung alkohol harus dihindari karena bisa memperburuk gejala premenstrual syndrome (PMS). 

Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah, sehingga membuat Anda menjadi lebih sensitif, gelisah, kelelahan, dan juga bisa menyebabkan sakit kepala. 

Makanan yang dilarang saat menstruasi memang tidak semuanya harus dihindari. Tak ada salahnya untuk mengonsumsinya, namun pastikan dalam jumlah terbatas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News