Bugar

Wajib Tahu! Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Wajah Cepat Tua

Wajib Tahu! Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Wajah Cepat Tua

MOMSMONEY.ID - Tanpa sadar, kebiasaan yang dilakukan sehari-hari bisa berdampak buruk ke kulit. Anda harus tahu beberapa kebiasaan yang bisa membuat wajah cepat tua. 

Kulit yang sehat tidak hanya didapatkan dari produk skincare, tetapi juga harus diimbangi dengan kebiasaan baik juga.

Oleh karena itu, berikut kebiasaan yang bisa membuat wajah cepat tua yang harus Anda tahu dilansir dari herworld.co.id

Baca Juga: Layak Dicoba, 5 Tips Kecantikan untuk Mendatangkan Keberuntungan di Hari Imlek

1. Kurang tidur

Kebiasaan pertama yang membuat wajah cepat tua adalah kurang tidur. Saat Anda kehilangan kualitas maupun waktu tidur yang cukup, proses penuaan kulit terjadi lebih cepat.

Hal ini karena setiap malam selama Anda tertidur, kulit melakukan proses regenerasi tiap-tiap selnya.

Selain proses regenerasi sel kulit yang tidak berjalan maksimal, kurang tidur juga membuat Anda kehilangan energi yang kemudian berdampak pada pola makan, lagi-lagi kembali berdampak pada posisi kulit.

Jadi pastikan, Anda memberi diri waktu dan kualitas tidur yang cukup sehingga kondisi kulit pun tetap terjaga.

2. Jarang memakai sunscreen

Kebiasaan yang membuat wajah cepat tua selanjutnya adalah jarang memakai sunscreen. Pemakaian sunscreen di dalam ataupun di luar ruangan sangat penting untuk kulit. 

Apalagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan atau banyak bergerak di bawah sinar matahari, ditambah tanpa perlindungan SPF, Anda memberi ruang untuk wajah tunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat.

Mulai dari garis-garis halus, flek hitam, hingga kerutan, semua bisa dialami wajahmu saat usia Anda masih muda karena paparan sinar matahari tanpa perlindungan.

Jadi, pastikan Anda mengaplikasikan sunscreen secara rutin setiap hari. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, mengaplikasikan ulang sunscreen juga dianjurkan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Lulur Alami untuk Memutihkan Badan dengan Cepat, Coba ya

3. Stres

Stres bisa memengaruhi kondisi kesehatan kulit. Hal-hal sederhana yang muncul disebabkan oleh stres adalah kerutan di area alis karena terlalu sering mengernyitkan dahi untuk berpikir tentang berbagai hal, wajah terlihat lebih kusam atau bahkan terasa kasar.

Stres yang Anda rasakan sangat berpengaruh pada produksi kolagen sehingga berdampak pada tampilan kulit wajah.

4. Tidak rutin olahraga

Berikutnya, kebiasaan yang membuat wajah tua adalah tidak rutin berolahraga. Olahraga bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk juga kulit. 

Olahraga melancarkan sirkulasi darah di seluruh tubuh sehingga mendorong pemberian nutrisi pada tiap-tiap selnya.

Sel-sel kulit wajah pun merasakan manfaatnya dari kebiasaan Anda berolahraga dengan tampilan wajah yang lebih cerah, halus, dan juga terlihat awet muda.

5. Sering menggosok area mata

Kebiasaan yang membuat wajah tua lainnya adalah sering menggosok area mata. Kebiasaan yang sering menggosok area mata bisa meningkatkan peradangan.

Peradangan itu kemudian berdampak pada munculnya garis-garis halus di sekitar mata, lalu otot yang melemah sehingga muncul kantung mata. Coba kurangi kebiasaan satu ini dan tepuk-tepuk halus jika mata terasa gatal.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat wajah cepat tua. Mulai hindari kebiasaan buruk ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News