HOME, Bugar

Wajib Tahu! Inilah 4 Penyebab Munculnya Keriput di Wajah

Wajib Tahu! Inilah 4 Penyebab Munculnya Keriput di Wajah

MOMSMONEY.ID - Keriput tentu akan dialami oleh siapa saja. Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan mengalami keriput. Ternyata selain faktor usia, ada beberapa penyebab munculnya keriput sebelum waktunya. Penyebab munculnya keriput atau kerutan di wajah tanpa disadari berasal dari kegiatan anda sehari-hari.

Salah satu penyebab munculnya keriput adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol. Agar anda bisa memahami lebih jauh, berikut empat penyebab munculnya keriput dilansir dari olay.co.id, yaitu :

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab munculnya keriput pertama adalah gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya rokok, tembakau rentan memperburuk kesehatan tubuh dan jika terpapar akan mengurangi nutrisi kulit. Rokok juga membatasi oksigen ke kulit dan merusak elastin yang berfungsi menopang kulit. Sehingga, wajah pun lebih cepat mengendur daripada usia yang seharusnya.

Sebaiknya hindari merokok baik itu perokok pasif maupun aktif secara bertahap. Terapkan pola makan sehat seperti mengonsumsi sayur dan buah serta cukupi kebutuhan cairan tubuh anda. Jangan terlalu sering mengonsumsi cokelat atau donat. Sebab, makanan manis bisa memecah kolagen yang penting untuk membuat kulit senantiasa kenyal dan sehat. 

2. Ekspresi Wajah 

Penyebab munculnya keriput selanjutnya adalah ekspresi wajah sehari-hari. Ternyata, mengerenyit dan merengut yang diekspresikan oleh wajah anda lama kelamaan akan menetap secara permanen di muka. Sebetulnya, begitu pula yang terjadi saat anda tersenyum dan mungkin meninggalkan jejak di area smile lines. 

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Mendapatkan Kuku Pink Alami

3. Paparan Sinar UV

Selanjutnya, paparan sinar UV juga menjadi penyebab munculnya keriput di wajah. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 secara teratur setiap hari. Pilihlah produk berlabel broad spectrum yaitu dapat melindungi dari bahaya UVA maupun UVB dan oleskan secara berulang setiap dua jam sekali. Supaya anda selalu ingat menggunakan sunscreen, pastikan selalu ada sunscreen kesayangan yang tersedia di tas tangan, kamar mandi, dan meja rias anda. 

4. Faktor Umur

Penyebab munculnya keriput terakhir tentunya faktor umur. Semakin bertambahnya usia, jaringan kulit akan semakin mengendur. Sebab, tidak memiliki "pondasi" yang bagus lagi, wajah bisa kelihatan berkerut dan tidak sekencang sebelumnya.

Oleh karena itu, merawat wajah itu penting dilakukan sedini mungkin karena sel-sel kulit yang sudah terlanjur menua akan lebih sukar untuk menerima manfaat produk anti-aging. Yuk, mulai rawat kulit cantik anda dari sekarang. Sebelum terlambat, moms. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News