ads

Wajib Tahu! Inilah 4 Bahaya Kandungan Alkohol untuk Wajah

Sumber: Senka
Senin, 27 Juni 2022 | 18:15 WIB
Wajib Tahu! Inilah 4 Bahaya Kandungan Alkohol untuk Wajah

ILUSTRASI. Wajib Tahu! Inilah 4 Bahaya Kandungan Alkohol untuk Wajah


MOMSMONEY.ID - Beberapa produk skincare ada yang masih menggunakan alkohol di dalam produk skincare. Alkohol berfungsi untuk membunuh bakteri, mengecilkan tampilan pori-pori, dan mengurangi produksi minyak berlebih. Namun, kandungan alkohol di dalam skincare tidak terlalu banyak dipakai. 

Tidak ada salahnya Anda beralih ke produk skincare yang non alkohol. Supaya lebih memahami, berikut beberapa bahaya alkohol untuk wajah dikutip dari laman senka.id, yaitu: 

1. Memperburuk Jerawat

Bahaya pertama alkohol untuk wajah yaitu dapat memperburuk kondisi jerawat. Sebenarnya alkohol di dalam skincare berfungsi untuk membunuh bakteri, mengecilkan tampilan pori-pori, dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Akan tetapi, alkohol juga bisa menghilangkan minyak alami yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari bakteri dan polutan, penyebab iritasi. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, maka kulit akan kering dan memicu produksi minyak di wajah menjadi berlebih, sehingga jerawat akan muncul.

Oleh karena itu, bila skincare Anda mengandung alkohol, disarankan untuk menghidrasi kulit dengan pelembap guna menjaga produksi minyak alami di wajah.

Baca Juga: Promo PegiPegi & Pintu, Dapatkan Bitcoin Senilai Rp 25.000 Tiap Bertransaksi

2. Membuat Kulit Lebih Kering

Bahaya alkohol untuk wajah selanjutnya adalah membuat kulit lebih kering. Jika Anda pemilik kulit kering, ada beberapa jenis alkohol yang harus diwaspadai, seperti isopropyl alcohol, etyl acohol, SD alcohol, dan denat alcohol. Jenis alkohol tersebut mampu mengurangi produksi minyak di wajah, sehingga kulit Anda menjadi gampang merah dan gatal. 

3. Merusak Skin Barrier

Berikutnya, alkohol juga mampu merusak skinc barrier wajah, loh. Pentingnya menjaga skin barrier agar tidak mudah breakout, rentan berjerawat dan melindungi kulit dari paapran sinar matahari serta radikal bebas. 

Jika Anda menggunakan skincare dengan kandungan alkohol dalam jangka waktu lama, maka kondisi skin barrier akan rusak, sehingga kulit lebih sensitif dan gampang iritasi.

4. Menimbulkan Iritasi Pada Kulit

Bahaya kandungan alkohol untuk wajah lainnya yaitu dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Biasanya, kulit yang teriritasi oleh alkohol akan menjadi sensitif dan tipis dibanding sebelumnya. Alasanya, karena alkohol mampu melukai lapisan terluar, sehingga gampang luka, kering, dan timbul ruam kemerahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER