HOME, Bugar

Wajib Tahu, Ini Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh

Wajib Tahu, Ini Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Yoghurt adalah makanan yang merupakan fermentasi dari susu dan terkenal dapat menyehatkan karena kandungan probiotik yang tinggi. 

Namun, kebanyakan orang hanya tahu jika makanan ini dapat menyehatkan sistem pencernaan. Padahal, masih banyak manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan dengan mengonsumsi yoghurt secara rutin. Berikut beberapa manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah osteoporosis

Nutrisi yang cukup sangat berperan penting dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, terutama kandungan kalsium dan vitamin D. 

Kedua kandungan ini terdapat dalam yoghurt, sehingga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang. Kalsium terbukti dapat meningkatkan massa tulang untuk semua orang tidak terpaku pada usia. Maka dari itu, pastikan Anda mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Zat Besi untuk Tubuh

2. Meningkatkan sistem imunitas

Salah satu manfaat yoghurt untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi ketika probiotik mengubah mikroflora usus dan mengurangi respons sistem kekebalan tubuh yang dapat memperburuk penyakit.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan resistensi dan pemulihan dari infeksi. Penelitian menyebut jika durasi semua gangguan yang disebabkan oleh penyakit lebih pendek pada orang yang rutin mengonsumsi yoghurt, dibandingkan yang tidak.

3. Pilihan baik saat diet

Yoghurt juga dapat bermanfaat sebagai makanan yang sangat baik saat Anda sedang dalam program diet. Hasil fermentasi susu ini dipercaya dapat menjadi camilan yang tepat di jam-jam tertentu saat perut tiba-tiba lapar, padahal jadwal makan selanjutnya masih lama. Memang, telah terbukti jika makanan ini dapat membuat seseorang merasa kenyang dibandingkan camilan lainnya, serta mampu menyehatkan tubuh.

4. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Manfaat lainnya dari yogurt untuk kesehatan tubuh adalah mengurangi risiko dari tekanan darah tinggi. Dipercaya jika susu rendah lemak yang mirip dengan yoghurt dapat membuat tekanan darah menjadi normal jika dikonsumsi secara rutin.

Disebutkan jika penurunan risiko terkena darah tinggi mencapai 50 persen pada seseorang yang mengonsumsi 2–3 porsi susu rendah lemak dalam sehari. Tidak ada salahnya untuk mengganti susu rendah lemak dengan yoghurt.

Baca Juga: Simak 5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

 5. Menjaga kesehatan jantung

Walaupun kandungan lemaknya tinggi, yogurt ternyata dapat meningkatkan kolesterol baik yang disebut HDL (high-density lipoprotein). Menurut beberapa penelitian, inilah mengapa konsumsi yogurt bisa mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan. 

Kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah juga menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Menurut para ahli, manfaat ini terutama akan lebih besar pada orang yang telah didiagnosis menderita penyakit tekanan darah tinggi.

6. Mengatasi gejala masalah pencernaan

Selain melancarkan buang air besar, probiotik pada yoghurt juga berpotensi mengatasi gejala gangguan pencernaan. Contohnya, sebuah studi pada 2016 menunjukkan bahwa bakteri Bifidobacteria dan Lactobacillus dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus.

Beberapa penelitian lainnya juga menemukan bahwa probiotik mungkin bisa mencegah diare dan sembelitakibat konsumsi antibiotik. Semua manfaat ini bisa Anda dapatkan cukup dengan mengonsumsi beberapa sendok makan yoghurt sebelum beraktivitas.

Sekarang Anda telah tahu apa saja manfaat dari yoghurt untuk kesehatan tubuh, bukan hanya sistem pencernaan. Jadi, ada baiknya Anda membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan hasil fermentasi ini.

Selanjutnya: 4 Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News