Santai

Wajib Tahu! Ini 4 Tips bagi Pemula yang Ingin Mulai Olahraga di Gym

Wajib Tahu! Ini 4 Tips bagi Pemula yang Ingin Mulai Olahraga di Gym

MOMSMONEY.ID - Berolahraga bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, baik di rumah maupun di luar rumah seperti lapangan atau pun pusat olahraga lainnya.

Gym adalah salah satu tempat olahraga di mana seseorang bisa berlatih dengan intens. 

Baca Juga: Murah Meriah! Ini 4 Manfaat Olahraga Lompat Tali jika Dilakukan Rutin!

Banyak pemula yang menganggap gym merupakan tempat yang ekstrim untuk berolahraga. Namun tak perlu khawatir, pemula bisa tetap berolahraga dengan nyaman di gym.

Berikut ini adalah beberapa tips gym yang bisa digunakan sebagai pemula yang ingin berolahraga di gym.

Olahrga bersama Personal Trainer

Jika merasa tidak memiliki banyak ilmu dalam dunia fitness, maka jasa personal trainer dapat digunakan sebagai pilihan.

Personal trainer dapat memberikan arahan mengenai postur, jenis latihan, serta menggunakan peralatan gym. Sehingga pemula dapat terhindar dari resiko cidera saat melakukan latihan.

Buat plan

Olahraga juga tentunya membutuhkan rencana yang sebaiknya disesuaikan dengan goal dan tujuan sebelum mulai berolahraga di gym. Rencana dan jenis olahraga yang ingin dilakukan pun dapat ditemukan dengan mudah di internet.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 4 Hal Wajib yang Perlu Dilakukan Wanita Saat Menstruasi!

Laman Health Line menjelaskan bahwa rencana atau plan yang dibuat haruslah realistis dan bisa diikuti dengan benar. Plan atau rencana tersebut adalah salah satu cara untuk bisa berhasil mencapai hasil dari berolahraga di gym.

Gunakan pakaian yang nyaman

Keadaan di tempat gym tentunya akan dipenuhi dengan banyak gerakan yang membutuhkan kemudahan untuk dilakukan.

Pakaian merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kenyamanan saat gym. Laman Fitness First menyarankan juga untuk melengkapi perlengkapan fitness seperti menggunakan sepatu olahraga, membawa botol minum, handuk, hingga peralatan mandi.

Jangan memaksa

Mendengarkan tubuh juga menjadi hal utama yang perlu didengarkan oleh pemula dalam segala jenis olahraga termasuk fitness.

Ketahuilah limit atau batasan tubuh agar terhindar dari cedera saat melakukan olahraga di gym. Pastikan untuk berlatih secara perlahan dan sesuai dengan kapasitas kekuatan tubuh namun diikuti dengan postur dan gerakan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News