Santai

Wajib Tahu! Ini 4 Tanda Tubuh Mengalami Kekurangan Vitamin D!

Wajib Tahu! Ini 4 Tanda Tubuh Mengalami Kekurangan Vitamin D!

MOMSMONEY.ID - Vitamin merupakan sumber nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh seseorang. Salah satu vitamin yang juga dibutuhkan tubuh adalah vitamin D.

Vitamin D adalah vitamin penting yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti osteoporosis, alergi, depresi dan juga penurunan sistem imun tubuh.

Sebelum mengalami kekurangan vitamin D, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa gejala ketika tubuh kekurangan vitamin D.

Baca Juga: 5 Teh yang Bermanfaat untuk Detox Tubuh, Tertarik Mencoba?

Sering sakit

Gejala atau tanda tubuh yang mengalami kekurangan vitamin D adalah mudahnya terserang penyakit atau pun infeksi. Melansir dari laman Health Line, vitamin D memiliki peran penting dalam mendukung sistem imun tubuh, yang bisa membantu untuk melawan bakteri atau virus penyebab sakit.

Flu merupakan salah satu penyakit umum yang kerap melanda orang-orang dengan kekurangan vitamin D. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa infeksi pernafasan juga bisa disebabkan karena kurangnya vitamin D.

Sakit tulang punggung

Seperti yang sudah dinyatakan, vitamin D merupakan vitamin yang penting dalam membantu menjaga kesehatan tulang. Tanda seperti sakit pada tulang di area punggung belakang dan punggung bagian bawah juga bisa menjadi tanda tubuh yang kekurangan vitamin D.

Penelitian juga banyak yang menunjukan hasil bahwa sakit pinggang dan punggung yang kerap dialami orang-orang dewasa sering dikaitkan dengan kurangnya konsumsi vitamin D.

Baca Juga: 4 Channel Youtube Ini Bagikan Resep Vegan yang Mudah dan Enak

Mudah lelah

Tanda lain yang juga merupakan tanda dari tubuh yang kekurangan vitamin D, adalah tubuh yang menjadi mudah merasa lelah. Selain itu otot yang lemah juga menjadi tanda tubuh kekurangan vitamin D.

Laman Medical News Today menjelaskan bahwa vitamin D juga turut serta dalam mendukung kesehatan tulang dan otot yang ternyata jika dikonsumsi dalam jumlah yang kurang bisa menyebabkan tubuh menjadi udah merasa lelah.

Penyembuhan luka yang lama

Jika penyembuhan luka yang ada pada tubuh melambat atau lama, maka bisa jadi tubuh tenga berada dalam kondisi kekurangan vitamin D. Vitamin D juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka di tubuh.

Hal tersebut disebabkan karena vitamin D menjadi faktor penting dalam pembentukan jaringan baru pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News