HOME, Bugar

Wajib Tahu! Ini 4 Kandungan Skincare untuk Melembapkan Kulit pada Produk SKincare

Wajib Tahu! Ini 4 Kandungan Skincare untuk Melembapkan Kulit pada Produk SKincare

MOMSMONEY.ID - Kulit membutuhkan kelembapan untuk selalu terlihat segar dan kenyal. Oleh karen itu, diperlukan produk pelembab yang kaya akan kandungan baik bagi kulit. Jika Anda sedang memilih produk skincare yang bisa melembapkan kulit, beberapa kandungan skincare ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, berikut empat kandungan skincare untuk melembapkan kulit pada produk skincare, yaitu: 

1. Centella Asiatica

Pertama, kandungan skincare untuk melembapkan kulit yaitu centella asiatica. Centella asiatica atau daun pegangan sudah terkenal di Korea. Centella asiatica ini sering disingkat dengan Cica, memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan serta elastisitas kulit dengan meningkatkan kadar sebum alami.

Dalam cica terdapat saponin yang bisa menahan air lebih lama di lapisan kulit. Selain melembapkan, cica ini juga sering digunakan sebagai soothing ingredient dalam suatu produk.

2. Ceramide

Kandungan skincare untuk melembapkan kulit selajutnya adalah ceramide. Kandungan ceramide ini termasuk golongan asam lemak alami yang membentuk hampir setengah lapisan epidermis kulit. Sebenarnya, ceramide sudah diproduksi oleh kulit secara alami.

Ceramide jadi salah satu komponen yang menyusun lapisan kulit, ceramide dianggap bisa memperbaiki skin barrier yang rusak dan memberi efek menenangkan. Produksi ceramide pada kulit bisa berkurang seiring berjalannya usia dan menyebabkan kulit terlihat kusam dan kering. Tidak heran jika kandungan ini sering digunakan dalam pelembap.

Baca Juga: Konsumsi 4 Makanan Ini untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit Anda

3. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid juga termasuk kandungan skincare untuk melembapkan kulit pada produk skincare. Hyaluronic acid atau asam hialuronat sebenarnya sudah diproduksi secara alami oleh tubuh, sedangkan hyaluronic acid dalam skincare adalah versi buatan.

Namun, produksi hyaluronic acid akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Fungsi utama kandungan ini untuk mengikat molekul air dalam jaringan kulit agar tidak menguap dan berada dalam jaringan. Kadar air dalam tubuh ini jadi salah satu faktor penting untuk menjaga kelembapan kulit serta menentukan tingkat hidrasi tubuh.

4. Aloe Vera

Kandungan skincare untuk melembapkan kulit lainnya adalah aloe vera. Lidah buaya sudah lama dipercaya mampu merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Dalam kandungan lidah buaya kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, serta enzim yang bisa menjaga kelembapan serta kekenyalan kulit secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News