Santai

Wajib Tahu! Ini 4 Alat Kontrasepsi Umum yang Bisa Digunakan Wanita!

Wajib Tahu! Ini 4 Alat Kontrasepsi Umum yang Bisa Digunakan Wanita!

MOMSMONEY.ID - Beberapa cara dapat dilakukan oleh pria maupun wanita untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan beberapa jenis birth control yang digunakan untuk mencegah kehamilan dan mengontrol kelahiran dari pasangan suami istri.

Bagi yang belum tahu, ternyata birth control memiliki beberapa jenis yang umum digunakan oleh wanita. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga: Nggak Ribet! Ini 5 Tips Grooming Mudah Bagi Pria, Coba Yuk!

Kondom

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang bisa digunakan kapan pun dan memiliki harga terjangkau dibanding dengan alat kontrasepsi lainnya.

Kondom sendiri tersedia baik bagi pria maupun wanita. Namun sebaiknya jika menggunakan kondom untuk wanita tak digunakan bebarengan dengan kondom untuk pria. Tentunya untuk mencegah dari resiko kondom yang rusak atau bocor.

Pil kontrasepsi

Secara umum, pil kontrasepsi digunakan oleh para wanita yang ingin menunda kehamilan. Pil kontrasepsi sendiri terbuat dari beberapa jenis hormon pada perempuan yang mencegah terjadinya proses ovulasi.

Melansir dari laman Web MD, pil kontrasepsi sendiri sebaiknya dikonsumsi berdasarkan resep yang telah diresepkan dokter. Selain itu, keuntungan menggunakan alat kontrasepsi ini adalah bisa membantu memperlancar siklus menstruasi dan mengurangi kram perut saat haid.

Baca Juga: Pria Wajib Tahu! Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Tingkatkan Kualitas Sperma!

IUD (Intra Uterine Device)

Cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah proses kehamilan adalah dengan melakukan proses IUD pada rahim perempuan. Proses ini sendiri adalah proses yang membuat sel telur pada perempuan menjadi lebih susah dibuahi oleh sperma.

Menurut laman Womens Health, proses semacam IUD ini bisa bertahan selama 3-10 tahun. Sehingga tidak perlu untuk mengkonsumsi pil kontrasepsi dan semacamnya karena proses ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi.

Metode natural

Cara yang bisa digunakan sebagai alat kontrasepsi natural adalah dengan meminimalisir kegiatan seksual. Cara lain seperti hanya mengkonsumsi pil kontrasepsi pada masa subur juga bisa digunakan.

Melakukan hubungan seksual selain pada masa subur juga bisa menjadi alternatif cara alami untuk mencegah kehamilan secara alami. Namun perlu diingat bahwa presentasi atau kemungkinan kehamilan masih bisa terjadi jika tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News