HOME, Bugar

Wajib Tahu! 7 Kandungan Skincare Yang Bisa Menyebabkan Jerawat

Wajib Tahu! 7 Kandungan Skincare Yang Bisa Menyebabkan Jerawat

MOMSMONEY.ID - Munculnya jerawat bisa disebabkan dari pemilihan kandungan skincare yang ada di dalam produk. Banyak produk skincare yang menawarkan manfaat dapat mengatasi masalah kulit berjerawat. Tentunya, anda sangat tertarik dengan penawaran tersebut. Namun, jangan buru-buru untuk menentukan produk skincare.

Cari tahu kandungan yang terdapat di dalam produk skincare tersebut, agar tidak memunculkan masalah kulit baru untuk wajah anda. Oleh karena itu, berikut beberapa kandungan skincare yang dapat menyababkan jerawat melansir dari senka.id, yaitu:

1. Alkohol

Pada dasarnya alkohol memang digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat mengendalikan minyak pada kulit dan mengatasi masalah jerawat. Namun, perlu diperhatikan, apabila anda memiliki kulit berminyak yang sensitif, sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan skincare yang mengandung alkohol.

Sifat alkohol yang cukup keras dapat membuat kulit sensitif anda malah menjadi iritasi. Selain itu, apabila terlalu sering digunakan justru akan memperbesar pori-pori dan memunculkan jerawat. Oleh sebab itu, sebaiknya anda cari tahu dahulu bagaimana respon kulit wajah sebelum memakai skincare berbahan alkohol.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bersifat cukup comedogenic (artinya dapat menyumbat pori-pori). Sehingga, bagi anda memiliki kulit berminyak dan sedang berjerawat, disarankan untuk menghindari produk yang mengandung minyak kelapa.

Sebab, minyak kelapa dapat menghasilkan sebum berlebih yang justru semakin memperparah kondisi kulit berminyak dan berjerawat. Namun, jika anda pemilik kulit wajah kering dan normal, penggunaan skincare berbahan minyak kelapa tidak menjadi masalah karena pori-pori wajah tidak mudah tersumbat.

3. Mineral Oil

Selanjutnya kandungan skincare yang menyebabkan jerawat yaitu mineral oil. Bagi pemilik kulit kering, mineral oil membuat kulit menjadi lembab karena membantu menjaga kadar air dalam jaringan kulit.

Namun berbeda dengan kulit berminyak, sifat minyak-nya, kandungan ini justru membuat kulit semakin berminyak dan apabila itu terjadi minyak tersebut justru akan bercampur dengan tumpukan sel kulit mati, serta menyumbat pori-pori kulit yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Masker Rambut Lerak Khas Jawa Timur, Tidak Sulit!

4. Ekstrak Alga

Ekstrak alga juga dapat menyebabkan jerawat. Walaupun kandungan ekstrak alga memberikan kelembapan dan kelembutan pada kulit, ternyata tanaman ganggang ini juga dapat menyumbat pori-pori kulit dan bikin iritasi.

Jika kulit wajah anda mengalami iritasi, seiring berjalannya waktu bisa terjadi peradangan yang bisa berpotensi memunculkan jerawat. Selain itu, saat pori-pori kulit wajah anda tersumbat, maka akan memicu penumpukan kotoran, memunculkan komedo dan jerawat.

5. Lanolin

Kandungan skincare yang menyebabkan jerawat selanjutnya yaitu Lanolin. Lanolin dikenal mampu melembapkan kulit dan menutrisi kulit. Namun, beberapa produk skincare mencampurkan versi sintesis di dalamnya. Versi sintetis adalah kandungan yang mudah menyumbat pori-pori kulit wajah anda. 

6. Sodium Lauryl Sulfate

Sodium lauryl sulfate atau SLS berfungsi untuk membersihkan kulit wajah atau bagian tubuh lain yang sering anda temukan di produk facial foam dan shampo. Ternyata, SLS juga dapat menghilangkan minyak alami pada kulit wajah.

Sehingga, memancing produksi minyak pada kulit wajah semakin bertambah yang dapat mengakibatkan kulit jadi berminyak dan berjerawat. Tak jarang, bagi anda yang berjerawat dan memakai skincare yang mengandung SLS biasanya, setelah pemakaian akan timbul jerawat pada kulit wajah. 

7. Isopropyl Myristate

Kandungan skincare yang menyebabkan jerawat lainnya yaitu Isopropyl Myristate. Isopropyl Myristate dikenal dapat melembapkan, melembutkan, dan menyegarkan kulit wajah. Namun, Isopropyl Myristate merupakan salah satu bahan pada produk skincare yang justru memiliki sifat comedogenic yang tinggi.

Sehingga, malah akan memunculkan masalah baru seperti jerawat di wajah anda. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih produk skincare, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News