HOME, Keluarga

Wajib Tahu! 5 Kesalahan Umum Saat Merenovasi Rumah

Wajib Tahu! 5 Kesalahan Umum Saat Merenovasi Rumah

MOMSMONEY.ID - Untuk memperbarui dan mempercantik tampilan rumah, banyak orang yang memilih opsi berupa renovasi. Nah, supaya berjalan dengan lancar, tentu renovasi perlu dilakukan dengan cermat. J

angan sampai ada kesalahan-kesalahan tertentu yang justru dapat memperlambat proses renovasi atau merusak tampilan akhir rumah nantinya.

Kira-kira, kesalahan renovasi apa saja yang perlu dihindari sebagai pemilik rumah? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Sebelum Pasang, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Tidak memiliki rencana

Sebelum melakukan renovasi, perencanaan sangat penting untuk memastikan area rumah yang baru dibangun akan berfungsi secara maksimal.

Dikutip dari laman wideplankflooring.com, ada beragam jenis perencanaan yang bisa dilakukan, seperti mengukur luas ruangan hingga menentukan material dan furnitur yang akan digunakan. Setelah membuat rencana, pastikan renovasi yang dilakukan tetap konsisten terhadap rencana tersebut.

Tidak menghitung anggaran

Melansir laman Real Simple, anggaran atau budgeting merupakan hal yang krusial dalam merenovasi rumah. Jadi, pastikan Anda membuat rencana anggaran supaya dapat mengontrol pengeluaran selama merenovasi.

Kuncinya, selalu sediakan 10% atau 20% dari budget awal untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga. Jika memungkinkan, utamakan untuk mengeluarkan biaya lebih pada benda yang sifatnya fungsional, seperti memilih kabinet dapur yang berkualitas dibandingkan keramik motif tertentu.

Baca Juga: Kloset Duduk vs Kloset Jongkok, Mana yang Sebaiknya Digunakan?

Terlalu mengikuti tren

Memang, tren desain dan dekorasi rumah selalu menarik untuk diikuti. Namun, apakah Anda benar-benar membutuhkan tren tersebut di rumah?

Dilansir dari Dengarden, sebaiknya Anda mengutamakan fungsi suatu ruangan dibandingkan modelnya. Hindari menggunakan warna atau material yang sedang trendy, dan pilih benda-benda yang bersifat timeless sehingga rumah baru tidak akan terlihat keringgalan zaman.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Saat Menggunakan AC, Bikin Boros Listrik!

Mengerjakan renovasi dengan terburu-buru

Mungkin Anda tak sabar ingin segera menempati rumah yang sedang direnovasi, sehingga mengebut pengerjaannya. Padahal, renovasi rumah sebaiknya tidak dilakukan dengan terburu-buru.

Saat merenovasi rumah, berikan waktu bagi diri Anda untuk membuat rencana serta mengerjakan renovasi dengan baik. Jadi, rumah  nantinya akan terlihat bagus dan dapat berfungsi secara optimal.

Mengabaikan detail kecil

Ketika merenovasi rumah, jangan lupa untuk memperhatikan detail-detail kecil seperti model pintu, keramik, jenis cat dinding, hingga kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi saat proses renovasi.

Jangan sampai hal-hal kecil dan remeh seperti ini malah mengganggu tampilan akhir rumah setelah direnovasi, sehingga merusak kenyamanan saat menempati rumah nantinya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilik rumah saat akan merenovasi rumahnya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News