HOME, Bugar

Wajib Tahu, 5 Cara Ini Bisa Membantu Memulihkan Stroke Ringan

Wajib Tahu, 5 Cara Ini Bisa Membantu Memulihkan Stroke Ringan

MOMSMONEY.ID - Terapi pasca stroke merupakan bagian dari perawatan penyakit yang penting didapatkan oleh penderita stroke. Latihan yang dilakukan dalam terapi pasca stroke bisa membantu mereka menjalani rutinitas sehari-hari secara mandiri, dan membantu menjaga fungsi otak yang masih dapat dipertahankan.

Stroke merupakan kondisi serius yang terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah atau aliran darah ke bagian otak terhalang oleh pembekuan darah. Orang yang pernah terserang stroke sering kali mengalami penurunan fungsi otak, yang bisa berupa gangguan dalam berbicara, mengingat, bergerak, dan lain sebagainya. 

Kerusakan akibat stroke bersifat cepat dan agresif, namun pemulihannya berjalan lambat dan bertahap. Umumnya, penanganan stroke membantu meningkatkan hasil keseluruhan pasca stroke, tetapi biasanya pengobatan tidak mempercepat laju pemulihan.

Baca Juga: Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Waspadai

Terapi pasca stroke yang dilakukan pun sudah pasti tidak sama dan harus sesuai anjuran dokter atau terapis. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan terhadap pasien pasca stroke untuk memulihkan organnya.

1. Perubahan gaya hidup

Menurut ahli di National Institutes of Health, pengidap stroke ringan akan didorong untuk melakukan perubahan gaya hidup. Tujuannya jelas, untuk mengurangi risiko berkembangnya gejala TIA. Perubahan gaya hidup ini mencakup berhenti merokok, rutin berolahraga, dan megonsumsi makanan sehat atau bergizi seimbang.

2. Menyingkirkan infeksi

Menurut ahli di American Stroke Association, beberapa penyebab stroke ringan bisa terlihat lewat pemeriksaan atau peralatan khusus di rumah sakit. Ketika stroke ringan terjadi pada orang muda tanpa faktor risiko yang jelas, mereka mungkin dikirim ke ahli saraf untuk menelisik kondisinya lebih jauh.

Ahli saraf nantinya akan melakukan tindakan ketika penyebabnya sudah diketahui. Misalnya, menyingkirkan vasculitis (peradangan pada pembuluh darah), diseksi arteri karotis, atau infeksi lainnya.

3. Konsumsi obat-obatan

Konsumsi atau terapi obat-obatan bertujuan untuk mengurangi risiko stroke ringan. Obat-obatan yang diberikan seperti obat pengencer darah, misalnya aspirin atau Coumadin, untuk mengurangi pembekuan darah. Di samping itu, ada pula obat antihipertensi, obat statin, atau obat antikaogulan yang mungkin diberikan oleh dokter.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

4. Terapi gerakan
Terapi gerakan merupakan salah satu bentuk fisioterapi stroke standar yang penting. Penelitian mengungkapkan bahwa terapi gerakan seperti treadmill, olahraga keseimbangan, dan mengangkat beban, terbukti meningkatkan kemampuan berjalan penderita stroke setelah satu tahun berlatih. Kualitas hidup semakin meningkat terlepas dari seberapa parah stroke yang diderita.

5. Operasi

Cara mengatasi stroke ringan juga bisa melalui operasi. Operasi ini biasanya dilakukan pada mereka yang mengalami penyumbatan arteri leher. Prosedur ini disebut dengan endarterektomi.

Selanjutnya: Manfaat Rebung, Bisa untuk Diet Sampai Menurunkan Risiko Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News