HOME, Bugar

Wajib Tahu, 3 Antioksidan Alami untuk Mencegah Tanda Penuaan Dini

Wajib Tahu, 3 Antioksidan Alami untuk Mencegah Tanda Penuaan Dini

MOMSMONEY.ID - Penuaan dini merupakan salah satu masalah kulit yang cukup ditakuti banyak wanita. Walaupun penuaan pasti dialami, tetapi Anda masih bisa memperlambaat penuaan kulit.

Antioksidan alami menjadi jawaban yang tepat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini. Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis antioksidan. Melansir natur-e.co.id, berikut tiga antioksidan alami yang baik untuk kulit:

1. Vitamin E

Antiosidan alami pertama adalah vitamin E. Anda tentu sudah paham dengan antioksidan alami ini karena sangat sering dimanfaatkan untuk bahan kesehatan dan kecantikan kulit. Vitamin E tersedia dalam bentuk alami dan sintetis.

Keduanya sama-sama memberikan manfaat antioksidan seperti melembapkan kulit hingga menangkal penuaan dini sebagai efek radikal bebas. Tapi bentuk alami terbukti lebih kuat dan lebih mudah diserap oleh kulit, ketimbang versi sintetisnya.

Melansir dari pyfahealth.com, vitamin E alami dapat diperoleh dengan mengonsumsi alpukat, mangga, kiwi, sayuran hijau dan brokoli. Konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran setiap hari. 

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Sederhana Merawat Kulit Wajah pada Remaja

2. Astaxanthin

Antioksidan alami selanjutnya yaitu astaxanthin. Antioksidan alami ini dikenal paling kuat disediakan oleh alam dan memberikan perlindungan optimal pada kulit. Terbukti 6.000 kali lebih kuat dibandingkan vitamin C dan antioksidan lainnya, astaxanthin mampu mengatasi efek buruk radikal bebas. 

Mulai dari meningkatkan kekenyalan kulit, mengurangi munculnya flek hitam, hingga meningkatkan kelembapan kulit. Selain ditemukan di salmon, udang, lobster, dan kepiting, sumber terkaya antioksidan ini justru berasal dari ganggang merah.

3. Lycopene

Antioksidan alami terakhir yang bisa Anda gunakan yaitu lycopene. Lycopene dapat memberikan manfaat baik bagi semua jenis kulit. Membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit, lycopene yang berasal dari ekstrak tomat ini juga efektif melindungi kulit dari sinar UV.

Selain itu, lycopene juga membantu mencegah perubahan warna dan tekstur kulit, juga mengurangi timbulnya garis halus terutama pada kulit yang sensitif. Bisa dikonsumsi langsung atau menggunakan serum kaya lycopene pada rutinitas perawatan kulit, nikmati hasil kulit yang glowing dan awet muda.

Mengutip dari id.wikipedia.org, lycopene bisa Anda temukan pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah seperti tomat, wortel, semangka dan pepaya, tetapi tidak terkandung pada buah strawberry atau ceri, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News